Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Visualisasi Tulisan 14 Hanzi Dasar Berupa Piktograf Sebagai Metode Belajar Mudah Mengenal Aksara China

ABSTRAK

Metode belajar penulisan Hanzi/Aksara China yang umum digunakan adalah menuliskan Hanzi berkali-kali, namun metode ini membutuhkan waktu yang cukup lama dalam mempelajarinya. Metode pengajaran lain yaitu dengan cara menceritakan bagaimana sebuah Hanzi terbentuk, ternyata dapat memudahkan siswa dalam mengingat Hanzi. Oleh karena itu, metode tersebut dapat diterapkan dalam perancangan media bahan ajar Aksara China, yaitu dengan bercerita menggunakan metode visualisasi tulisan yang dikaitkan dengan evolusi, sehingga siswa mendapat kemudahan dalam mengingat arti dan bentuk Hanzinya serta mendapat kemudahan juga dalam belajar menuliskannya. Selain itu digunakan juga metode mnemonic untuk memudahkan mengingat 14 Hanzi dasar terpilih berupa piktograf yang dianjurkan dipelajari oleh pemula untuk pertamakalinya.

Dibuat oleh : Sri Retnoningsih, Naomi Haswanto, Mohammad Ihsan
Alamat e-mail: s.retnoningsih@gmail.com
Kata kunci : Belajar Hanzi, Hanzi, Karakter China, Tulisan China, Visualisasi Tulisan.
Keterangan : Karya ilmiah ini dimuat pada Jurnal Itenas Rekarupa, FSRD Itenas  No.3  Vol. 3
ISSN: 20088-5121 2015

Visualisasi Tulisan 14 Hanzi Dasar Berupa Piktograf Sebagai Metode Belajar Mudah Mengenal Aksara China