Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Analisis karakter visual pada komunitas Indie (studi kasus karakter babi pada visual Produk OINK!)

ABSTRAK

Penelitian ini mengkaji bentuk bentuk visual yang digunakan oleh kelompok “indie” yang memiliki prinsip untuk melakukan segala sesuatu secara mandiri dan antimainstream. DiBandung geliat komunitas ini diwakili dengan bermunculannya toko pakaian yang disebut distribution Clothing atau disingkat menjadi distro. Adapun hal yang akan dikaji adalah karakter yang digunakan oleh komunitas ini. Sesuai dengan prinsip yang mereka pegang tidak mau disamakan dengan hal yang mainstream, maka visual pada produk fashionnya pun cenderung melawan kebiasaan yang ada. Mereka tidak jarang menggunakan bahasa atau pun karakter yang kadang dianggap negatif oleh masyarakat umum. Pada penelitian ini yang menjadi kajian adalah hewan babi pada salah satu brand komunitas indie yaitu Oink!. Penelitian ini membuktikan bahwa pemilihan karakter yang digunakan pada desain pakaian memiliki hubungan dengan prinsip komunitas indie sendiri. Karakter ini bisa diterima karena fakta bahwa mereka memiliki kesamaan yaitu dianggap ‘berbeda’ di lingkungan masyarakat pada umumnya di Indonesia. Karakter hewan yang dianggap negatif di masyarakat oleh komunitas indie digunakan sebagai simbol perjuangan mereka melawan kemapanan.

Dibuat oleh : Ganis Resmisari
Alamat e-mail: ganisresmi@gmail.com
Kata kunci : komunitas Indie, hewan babi, karakter visual

Keterangan : Karya tulis ini dimuat pada Jurnal Itenas Rekarupa,  FSRD Itenas  No.1  Vol. XVI
ISSN: 20088-5121 Januari 2017

Analisis karakter visual pada komunitas Indie (studi kasus karakter babi pada visual Produk OINK!)