Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Practical solution of GPS integer ambiguity for attitude determination

ABSTRAK

Three or more GPS antennae are mounted on a platform to determine its attitude in space. The precise baselines of all antennae should be known beforehand. It gives an advantage that the integer ambiguity of carrier phase observation can be possibly solved in single epoch observation strategy, which is tailored from the ambiguity variance improvement. Nevertheless , some particular issues are still faced to solve the integer ambiguity in kinematic case. This contribution presents a practical solution to estimate the integer ambiguity solution of multibase-line case in single epoch. A special iterative approach of float solutions of the ambiguity and the baselines are proposed, namely the gradient iterative least squares. This method is considered to outperform the conventional iterative least squares method. Moreover, giving higher probability of fixed integer ambiguity, the partial ambiguity estimation is also suggested. It has some advantages; reducing computational load of multibaseline problem by taking only the integer ambiguity candidates with highest success rates, and giving more opportunities to fix integer ambiguity.

—————————————————————————————————————————

Penentuan orientasi objek dalam ruang da-pat dilaksanakan dengan menggunakan tiga atau lebih antena GPS. Untuk itu panjang baseline antar antena haruslah diketahui dengan persis sebelumnya. Hal ini memberikan keuntungan bahwa ambiguitas integer dari gelombang pembawa sangat memungkinkan untuk dipec-ahkan dalam satu epoch pengamatan yang diturunkan dari peningkatan mutu variansi ambiguitas. Namun, beberapa permasalahan dalam pemecahan masalah am-biguitas tetap menjadi perhatian khususnya untuk penga-matan kinematik. Kontribusi berikut memberikan solusi praktis un-tuk mengestimasi ambiguitas integer untuk kasus multi-baseline. Pendekatan iterasi yang khusus untuk solusi float dari ambiguitas dan baseline juga ditawarkan, di-namakan sebagai gradient iterative least squares. Metode ini lebih unggul dibandingkan metode hitung perataan iterasi konvensional yang dikenal selama ini. Lebih lanjut, dalam kontribusi ini metode estimasi ambiguitas integer parsial juga dikemukakan. Metode ini juga memiliki beberapa keuntungan, yaitu: dapat mereduksi beban hitungan dari perhitungan multibase-line dengan mengambil hanya beberapa kandidat ambi- guitas yang memiliki laju kesuksesan yang tinggi, dan memberikan kesempatan lebih untuk menghasilkan am-biguitas integer.

Dibuat oleh : Hendy F. Suhandri
Alamat e-mail: hsuhandri@itenas.ac.id
Kata kunci :
Keterangan: Karya ilmiah ini di sampaikan pada Forum Ilmiah Tahunan Ikatan Surveyor indonesia, At Batu – Malang, Indonesia, Volume: 2, Ed. 1, November 2015

Practical solution of GPS integer ambiguity for attitude determination