Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Penerapan Model Team Based Learning Pada Mata Kuliah Pengantar Pengelolaan Pembangunan

ABSTRAK

Pembelajaran adalah serangkaian tindakan yang dirancang untuk mendukung proses belajar peserta didik, di mana pada prosesnya dilakukan penyediaan sistem lingkungan yang mengakibatkan terjadinya proses belajar pada diri mahasiswa. Proses belajar tersebut dirancang dengan memperhatikan bagaimana menyampaikan apa yang diajarkan dalam perkuliahan (metode, tindakan belajar mengajar, dan presentasi), sehingga proses belajar pada diri mahasiswa terjadi secara efektif. Jurusan Teknik Planologi Itenas sebagai institusi pendidikan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang perencanaan dan pengelolaan ruang wilayah dan kota Secara umum pembelajaran adalah bagaimana menyampaikan apa yang diajarkan dalam perkuliahan (metode, tindakan belajar mengajar, dan presentasi). Proses pembelajaran ditentukan oleh strategi perkuliahan yang dilakukan, media pembelajaran, cara mengajar dosen dan cara belajar mahasiswa. Pengantar Pengelolaan Pembangunan merupakan mata kuliah dasar yang sangat penting karena berkaitan erat dengan spesifikasi dan tujuan pendidikan di Jurusan Teknik Planologi Itenas yaitu pada spesifikasi pengelolaan pembangunan. Kuliah ini memberikan wawasan mengenai pembangunan, tahapan pembangunan, serta dasar-dasar pengelolaan pembangunan. Permasalahan yang dihadapi pada proses pembelajaran matakuliah tersebut adalah materi perkuliahan yang sulit untuk dilihat contohnya secara nyata di lapangan, mahasiswa tidak termotivasi sehingga kurang menyentuh pemahaman awal tentang pengelolaan pembangunan dan proses pembelajaran yang kurang menarik sehingga kurangnya minat mahasiswa mengikuti perkuliahan. Upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dikembangkannya metode pembelajaran yang dapat menciptakan suatu lingkungan yang kondusif bagi mahasiswa peserta MK Pengantar Pengelolaan Pembangunan untuk mampu menyerap dan memahami materi perkuliahan, aktif dan partisipatif di dalam perkuliahan serta menyelesaikan tugas yang diberikan selama satu semester.

Metode pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah Team Based Learning (TBL). Pada metode Team-Based Learning pengajar lebih memberikan banyak kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan bekerjasama karena memberikan bobot yang lebih besar kepada proses diskusi (peer discussion) dan belajar individu ( individual study)dibandingkan dengan proses penjelasan konsep (instructor input/lecture). Saat ini yang telah diterapkan pada perkuliahan MK Pengantar Pengelolaan Pembangunan adalah bentuk Lecture-based cases dan Case-Based lectures yang memberikan bobot kecil pada kemampuan Self-directed learning mahasiswa. Perumusan metode pembelajaran yang baru dapat mencapai dampak positif tidak hanya memberi bobot besar kepada kemampuan Self-directed learning mahasiswa tetapi juga motivasi belajar.

Manfaat yang dirasakan pada penerapan metode TBL adalah terselenggaranya diskusi interaktif mengenai persoalan aktual tentang pengelolaan pembangunan ruang. Pada model ini dosen berperan sebagai fasilitator, dapat dilakukan penerapan beberapa metode seperti simulasi dengan cardsort dan readingguide; digunakannya gambaran nyata mengenai proses-proses yang terjadi dalam tahapan pengelolaan melalui berbagai media seperti audio-visual, poster, foto, gallery mapping dll yang didesain untuk mengarah kepada pengelolaan pengetahuan; dan dikembangkannya proses belajar dalam kelompok, yang dilakukan dengan metode diskusi kelompok kecil, belajar koperatif, dan gallery session Komponen pembelajaran yang dikembangkan adalah mahasiswa bersikap lebih aktif, dosen sebagai sumber pengetahuan menjadi fasilitator atau mediator, materi pembelajaran disiapkan berupa modul yang dapat digunakan untuk kegiatan Team-based Learning yang disusun sebagai bagian dari buku ajar dan lengkap berisikan ringkasan materi dan panduan diskusi, dan sarana pembelajaran berupa kelas yang mendukung desain Team-based Learning ( proses diskusi dan gallery session) dan didukung alat multi media disiapkan untuk menunjang proses pembelajaran. Hasil dari proses pembelajaran menggunakan metode TBL tersebut adalah meningkatnya nilai kelulusan rata-rata mahasiswa dan kehadiran rata-rata mahasiswa.

 

Di buat oleh: Enni Lindia Mayona (emayona@yahoo.com), Ira Irawati (ira_irawati@itenas.ac.id)
Kata kunci : pembelajaran, team based learning
Keterangan: Dipresentasikan pada Seminar Nasional ASPI,2010, ISBN-978-979-15956-6-7.

 

Penerapan Model Team Based Learning Pada Mata Kuliah Pengantar Pengelolaan Pembangunan