Page 20 - IMagz Ed. 01
P. 20

Sampai saat ini telah diunggah 1500 karya mahasiswa   Mengingatkan pentingnya kepekaan dalam meng-
         untuk di-review oleh dosen dari perguruan tinggi lain,   antisipasi perilaku dan kebiasaan audiens, bergesernya
         dan 25 di antaranya adalah karya dari mahasiswa DKV   cara-cara  komunikasi  dari  massal  menjadi  personal,
         Itenas. Sembilan dari 25 karya tersebut mendapat    kecepatan perubahan perilaku masyarakat, cepat
         apresiasi layak untuk mengikuti pameran di laman    senang cepat galau. Oleh karena itu empati menjadi
         ini.  Karya harus mewakili dan mencerminkan revolusi   satu komponen penting dalam pengkaryaan Desain.
         teknologi  informasi  dari  manual  ke  digital  saat  ini,
         penerapan kaidah-kaidah klasik dalam mendesain      Pada karya-karya Illustrasi,  ilmu DKV dapat diibaratkan
         memang tetap jadi tagihan para dosen. Seleksi ini   memiliki kaki. Pada saat kaki sebelah kiri harus berlari
         mengingatkan para desainer muda untuk memahami      mengejar kebaruan dan tuntutan zaman, maka kaki
         prinsip-prinsip desain seperti gestalt dan element-  kanan harus bertahan pada kearifan  dan citra lokal.
         elemen bahasa rupa, seni rupa, komposisi, dan       Itulah yang terjadi, media yang diunggah  cukup
         proporsi. Seringkali desainer dihadapkan pada kondisi   beragam untuk menampilkan sebuah permainan,
         yang sulit untuk menentukan mana yang didahulukan,     buku cerita, sebuah novel grafis dan remake sebuah
         pesan atau keindahan, karena keduanya harus sejalan.   kisah klasik yang bersumber dari sebuah tradisi. Oleh
         Dengan demikian maka desainer akan menyadari        karena itu, hendaknya wujud akhir karya tidak tergoda
         bahwa hal itu sangat mendasar dan menjadi modal     untuk berpijak pada kekinian saja dan  kehilangan
         penting.                                            selera dan identitas lokal.


         Review dilakukan lebih mendalam pada  karya bertema     Harapan dari pameran ini adalah
         social campaign, commercial campaign, brand and     agar kegiatan ini menginisiasi
         branding campaign, mulai untuk kampanye makanan     sebuah ruang diskusi yang lebih luas
         ringan, bakso  hingga café,  maupun perbankan. Hal   dan terbuka bagi pengembangan
                                                             keilmuan Desain komunikasi Visual.
         ini perlu dilakukan karena banyak hal yang harus    Selain itu diharapkan pamerian ini
         diperdalam sebelum masuk pada perwujudan visual.    dapat memberikan lebih banyak
         Dalam sebuah proses mendesain, eksekusi visual akan   kontribusi pada masyarakat; sebuah
         muncul setelah mendapatkan nilai dari review visual.   proses belajar, geliat baru berbagi
         berdasarkan visual yang dihasilkan bisa nampak      ilmu, diskusi, dan berprestasi di
         seberapa dalam penggalian dan seberapa jauh         bidang komunikasi visual secara
         penjelajahan terhadap masalah, bagaimana pesan      virtual. Mengingat semua proses
                                                             pengumpulan karya dan apresiasi
         dan media yang akan dirancang. Pada intinya review   karya antara 11 Universitas dan
         dilakukan untuk mengingatkan seorang desainer       Institusi ini dilakukan secara online/
         komunikasi visual dalam hal  kejelian dan kecepatan   dilakukan tanpa pernah bertemu
         merespon keadaan.                                   atau bertatap muka.

            Mahasiswa DKV Itenas beserta hasil karyanya yang dipamerkan      [Wiwi Isnaini/DKV]




























          20  ITENAS MAGAZINE • AGUSTUS 2018
   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25