Page 20 - IMagz Ed. 01
P. 20
Sampai saat ini telah diunggah 1500 karya mahasiswa Mengingatkan pentingnya kepekaan dalam meng-
untuk di-review oleh dosen dari perguruan tinggi lain, antisipasi perilaku dan kebiasaan audiens, bergesernya
dan 25 di antaranya adalah karya dari mahasiswa DKV cara-cara komunikasi dari massal menjadi personal,
Itenas. Sembilan dari 25 karya tersebut mendapat kecepatan perubahan perilaku masyarakat, cepat
apresiasi layak untuk mengikuti pameran di laman senang cepat galau. Oleh karena itu empati menjadi
ini. Karya harus mewakili dan mencerminkan revolusi satu komponen penting dalam pengkaryaan Desain.
teknologi informasi dari manual ke digital saat ini,
penerapan kaidah-kaidah klasik dalam mendesain Pada karya-karya Illustrasi, ilmu DKV dapat diibaratkan
memang tetap jadi tagihan para dosen. Seleksi ini memiliki kaki. Pada saat kaki sebelah kiri harus berlari
mengingatkan para desainer muda untuk memahami mengejar kebaruan dan tuntutan zaman, maka kaki
prinsip-prinsip desain seperti gestalt dan element- kanan harus bertahan pada kearifan dan citra lokal.
elemen bahasa rupa, seni rupa, komposisi, dan Itulah yang terjadi, media yang diunggah cukup
proporsi. Seringkali desainer dihadapkan pada kondisi beragam untuk menampilkan sebuah permainan,
yang sulit untuk menentukan mana yang didahulukan, buku cerita, sebuah novel grafis dan remake sebuah
pesan atau keindahan, karena keduanya harus sejalan. kisah klasik yang bersumber dari sebuah tradisi. Oleh
Dengan demikian maka desainer akan menyadari karena itu, hendaknya wujud akhir karya tidak tergoda
bahwa hal itu sangat mendasar dan menjadi modal untuk berpijak pada kekinian saja dan kehilangan
penting. selera dan identitas lokal.
Review dilakukan lebih mendalam pada karya bertema Harapan dari pameran ini adalah
social campaign, commercial campaign, brand and agar kegiatan ini menginisiasi
branding campaign, mulai untuk kampanye makanan sebuah ruang diskusi yang lebih luas
ringan, bakso hingga café, maupun perbankan. Hal dan terbuka bagi pengembangan
keilmuan Desain komunikasi Visual.
ini perlu dilakukan karena banyak hal yang harus Selain itu diharapkan pamerian ini
diperdalam sebelum masuk pada perwujudan visual. dapat memberikan lebih banyak
Dalam sebuah proses mendesain, eksekusi visual akan kontribusi pada masyarakat; sebuah
muncul setelah mendapatkan nilai dari review visual. proses belajar, geliat baru berbagi
berdasarkan visual yang dihasilkan bisa nampak ilmu, diskusi, dan berprestasi di
seberapa dalam penggalian dan seberapa jauh bidang komunikasi visual secara
penjelajahan terhadap masalah, bagaimana pesan virtual. Mengingat semua proses
pengumpulan karya dan apresiasi
dan media yang akan dirancang. Pada intinya review karya antara 11 Universitas dan
dilakukan untuk mengingatkan seorang desainer Institusi ini dilakukan secara online/
komunikasi visual dalam hal kejelian dan kecepatan dilakukan tanpa pernah bertemu
merespon keadaan. atau bertatap muka.
Mahasiswa DKV Itenas beserta hasil karyanya yang dipamerkan [Wiwi Isnaini/DKV]
20 ITENAS MAGAZINE • AGUSTUS 2018