Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

PERBAIKAN STASIUN KERJA SERUT BERDASARKAN ASPEK ANTROPOMETRI DAN BIOMEKANIKA

ABSTRAK

Pada kebanyakan perusahaan manufaktur, umumnya pekerjaan dapat digambarkan sebagai interaksi antara operator dengan peralatan dan benda kerja yang digunakan. Sikap kerja yang salah pada saat interaksi dengan peralatan dapat menimbulkan kelelahan dan gangguan pada sistem otot rangka (Musculoskeletal), dan apabila dilakukan dalam jangka waktu yang lama secara berulang dapat menyebabkan terjadinya tekanan pada discus invertebralis khususnya pada tulang belakang L5/S1, sehingga menimbulkan low back pain [6]. Kondisi kerja seperti ini tentu saja dapat menghambat kecepatan produksi karena pekerja cepat lelah sehingga dapat menurunkan produktivitas perusahaan.
Merancang ulang stasiun kerja dengan pendekatan ergonomi khusunya antropometri, dapat memperbaiki sikap kerja operator sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya cedera tersebut. Dan pendekatan biomekanika dapat digunakan untuk mengetahui apakah hasil rancangan lebih baik dari pada kondisi sebelumnya. Perancangan ulang pada stasiun kerja serut (Circle) pada PT. Hajar Saputra menyebabkan perubahan posisi/sikap kerja operator. Posisi kerja operator berpengaruh pada besar gaya dan momen yang timbul pada setiap segmen tubuh operator pada saat bekerja. Besarnya gaya yang timbul pada setiap segmen tubuh operator pada saat bekerja dengan posisi kerja baru lebih kecil dari besarnya gaya dengan posisi kerja lama, sehingga stasiun kerja serut hasil perancangan dapat dikatakan lebih baik dari stasiun kerja lama.

Dibuat oleh     : Yanti Helianty, Regi Hermawan , Caecilia Sri Wahyuning
E-mail                : yanti@itenas.ac.
Kata kunci       :  low back pain, sikap kerja, ergonomi, biomekanika
Keterangan     : Karya Ilmiah ini  dimuat  pada Proceedings 5th National Industrial Engineering Conference (ISSN : 1412-3525), 2 Desember 2009, Jurusan Teknik Industri Ubaya

PERBAIKAN STASIUN KERJA SERUT BERDASARKAN ASPEK ANTROPOMETRI DAN BIOMEKANIKA