Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Analisa Variabel Kepuasan Penumpang Guna Meningkatkan Willingness To Pay Penumpang (Studi Kasus Shuttle Service Tujuan Bandung-Bandara Soekarno Hatta di PT Revin Bandung)

ABSTRAK

Willingness To Pay (WTP)adalah kesediaan membayar penumpang atas imbalan suatu jasa yang dinikmati, sehingga semakin tinggi kualitas jasa yang dirasakan maka diharapkan akan meningkakan WTP penumpang. Peningkatan kualitas pelayanan di PT REVIN digunakan pendekatan dimensi kualitas Vincent Gasperz (1997), yang kemudian diteliti variabel-variabel yang mempengaruhi kualitas pelayanan Shuttle Service. dan dihitung gap atau perbedaan kualitas jasa yang dirasakan oleh penumpang terhadap kualitas jasa yang diharapkan akan diterima. ZdentFkasi variabel-variabel kualitas pelayanan yang semula beriumlah 42 variabel kemudian menyusut menjadi 25 variabel kualitas pelayanan yang terbagi menjadi 10 dimensi, yaitu Kemudahan mendapatkan pelayanan, kenyamanan dalam memperoleh pelayanan, akurasi pelayanan, ketepatan waktu pelayanan, tanggung jawab, kelengkapan, kesopanan dun keramahan dalam memberikan pelayanan, pelayanan pribadi, variasi model pelayanan, atribut pendukung lainnya. Hasil yang didapatkan adalah tiga variabel kualitas pelayanan yang harus diperhatikan oleh PT REVIN yang berada di dalam dua dimensi kualitas pelayanan Vincent Gasperz yaitu, kesopanan dun keramahan dalam memberikan pelayanan dan pelayanan pribadi. Hasil yang di dapatkan diharapkan dapat meningkatkan WTP penumpang.

Dibuat Oleh : Ir Dwi Novirani., MT
E-mail            : dwi_novirani@yahoo.com
Kata Kunci   : kualitas pelayanan, dimensi kualitas, GAP, Willingness To Pay.
Keterangan : Makalah ini dimuat dalam Prosiding “Seminar Nasional III Manajemen dan Rekayasa Kualitas “Standardisasi dan Rekayasa Kualitas untuk Memperkuat Daya Saing Industri” Hotel Jayakarta Bandung, 7-8 Desember 2007

Analisa Variabel Kepuasan Penumpang Guna Meningkatkan Willingness To Pay Penumpang (Studi Kasus Shuttle Service Tujuan Bandung-Bandara Soekarno Hatta di PT Revin Bandung)