Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Usulan Perbaikan Kualitas Layanan Tempat Olah Raga Futsal Berdasarkan Peta Posisi, Analisis Klaster Dan Peta Preferensi

ABSTRAK

Semakin menjamurnya sarana olah raga futsal berdampak pada ketatnya persaingan antar usaha tersebut. Ketatnya persaingan usaha dun adanya komplain pelanggan mendorong pihak manajemen tempat futsal Universitas Sangga Buana (USB) melakukan peningkatan kualitas layanannya. Karena adanya keterbatasan sumber daya, perbaikun kualitas layanan tersebut harus berdasarkan skula prioritas. Selain itu, perbaikan kualitas juga harus melihat kualitas layanan yang diberikun oleh pesaingnya.

Metoda yang digunakan pada penelitian ini adalah Peta Posisi, Analisis Klaster, dun Peta Preferensi Peta Posisi dun Analisis Klaster digunakan untuk menentukan siapa pesaing terdekat tempat fitsal USB sedangkan Metoda Analisis Klaster digunakan untuk menentukan apa yang menjadi keunggulan tempat olah raga futsal USB dun pesaingnya.

Dari hasil analisis klaster diketahui bahwa Futsal USB berada dalam 1 segmen dengan Anta Futsal dun Tarnan Futsal. Kelebihan Futsal USB dibandingkan yang lain adalah 6arga, lokasi yang strategis, kemampuan petugas, dun kejujuran petugas. Hal yang harus diperbaiki dari Futsal USB adalah kesigapan petugas, rasa aman, kenyamanan ruangan , dun media informasi yang jelas. Usulan perbaikannya adalah menambah petugas atau memperbaiki sistem reward bagi petugas lama agar kinerjanya bagus, melnbuat loker untuk menyimpan barang pelanggan, memperbaiki prosedur pemelihuraan toilet dun melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembersihan dun pemeliharaan toilet, menyediakun ruang ganti, serta menyediakun brosur dun peraturan yang lengkap di papan pengumuman yang ada.

Dibuat Oleh :  Dwi Novirani, Hendang Setyo Rukmi, Riki Indrakusumah
E-mail            : dwi_novirani@yahoo.com
Kata Kunci   : Kualitas Pelayanan, Peta Posisi, Analisis Klaster, Peta Preferensi
Keterangan : Makalah ini dimuat dalam Prosiding “Seminar Nasional IV Manajemen dan Rekayasa Kualitas ” Membudayakan Standardisasi dan Rekayasa Kualitas untuk Memperkuat Daya Saing Industri” Hotel Aston Tropicana Bandung, 15 April 2010

Usulan Perbaikan Kualitas Layanan Tempat Olah Raga Futsal Berdasarkan Peta Posisi, Analisis Klaster Dan Peta Preferensi