Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Evaluasi Training Dengan Menggunakan Model Kirkpatrick (Studi Kasus Training Foreman Development Program Di PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon)

ABSTRAK

Agar menyeluruh, evaluasi Training Foreman Development Program perlu menggunakan Model Kirkpatrick. Dalam model tersebut evaluasi dilakukan terhadap empat level, yaitu 1)tingkat kepuasan peserta terhadap pelaksanaan training, yang diukur dengan kuesioner untuk peserta; 2)tingkat pemahaman peserta terhadap materi training, yang diukur dengan soul pre-test dan post-test untuk peserta; 3)perubahan perilaku kerja peserta training setelah kembali bekerja, yang diukur dengan kuesioner untuk atasan dan bawahan peserta; 4)dampak perubahan perilaku kerja peserta training terhadap tingkat produktifitas perusahaan, yang diukur dari berkurangnya pemborosan akibat penurunan tingkat absensi dan keterlambatan staf yang dipimpin peserta training. Data ketiga level pertama diolah dengan rumus pembobotan Kirkpatrick. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkal kepuasan peserta berkisar 77-83%. Nilai rata-rata pre-test 46,58%, sedangkan nilai rata-rata posttest 58,50%. Dari 20 peserta, 16 orang perilaku kerjanya lebih baik menurur atasan, dan semuanya menurut bawahan. Data menunjukkan tidak ada penurunan tingkat keterlambatan tetapi terjadi penurunan tingkat absensi yang berdampak pada penghematan perusahaan sebesar Rp 10.727.273.

Dibuat Oleh :  Hendang Setyo Rukmi, Dwi Novirani, Ahmad Sahrul
E-mail            : hendang@itenas.ac.id, dwi_novirani@yahoo.com
Kata Kunci   : evaluasi training, Model Kirkpatrick, dan training FDP.
Keterangan : Makalah ini dimuat dalam Prosiding 5th  National Industrial Engineering Conference 2009, Surabaya 2 Desember 2009

Evaluasi Training Dengan Menggunakan Model Kirkpatrick (Studi Kasus Training Foreman Development Program
Di PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon)