Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

ANALISIS TINGKAT KELARUTAN CORE VALUES & CONCEPTS MALCOLM BALDRIGE DI PT X

ABSTRAK

PT X adalah salah satu perguruan tinggi yang sedang melakukan perbaikan kinerjanya. Pendekatan pengukuran kinerja yang terintegrasi yang diterapkan adalah pendekatan Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE) Pendidikan. MBCfPE mengukur tujuh criteria kinerja: Leadership, Strategic Planning, Customer and Market Focus, Workforce Focus, Process Management, dan Result. Kriteria‐kriteria Malcolm Baldrige dibangun berdasarkan “11 Core Values & Concept”yaitu keyakinan (believes) dan perilaku (behaviours) yang ditemukenali sudah tertanam dalam proses‐proses dan hasil di organisasi bekerja tinggi yang saling terkait satu dengan lainnya. Kesebelas core values & concept adalah sebagai berikut: Visionary Leadership, Student‐centered excellence, Organizational & Personal Learning, Valuing Workforce Members & Partners, Agility, Focus on The Future, Managing for Innovation, Management by Fact, Societal Responsibility, Focus on Result and Creating Value, dan Systems Perspectives.
Pada penelitian ini didapatkan perkiraan skor proses sebesar proses dan hasil adalah sebesar 356 poin dari 1000 poin, sehingga kinerja PT X terdapat pada level early result yang berada pada daerah kinerja poor.
Berdasarkan evaluasi nilai pada setiap kriteria, secara keseluruhan dapat dikatakan tidak seluruh core values & concept larut di dalam sistem manajemen PT X. Walaupun core values & concept Visionary Leadership, dan Focus on The Future sudah cukup baik diterapkan namun yang lainnya terutama Student‐centered Excellence, Valuing Workforce dan Agility, masih dalam penerapan tahap awal, belum terstruktur, belum diterapkan secara terintegrasi dan belum diperbaiki terus menerus dengan cepat.

Dibuat Oleh : Sugih Arijanto, Ambar Harsono, Harsono Taroepratjeka
E-mail            : yoan@itenas.ac.id
Kata Kunci   : Pengukuran Kinerja, 11 Core Values & ConcePT, Malcolm Baldrige.

ANALISIS TINGKAT KELARUTAN CORE VALUES & CONCEPTS MALCOLM BALDRIGE DI PT X