Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Usulan Tindakan Perbaikan Pencapaian Target Kinerja Perusahaan Dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi kasus di PT. Kereta Api Daop 2 Bandung)

ABSTRAK

Perusahaan sebagai suatu organisasi memerlukan suatu sistem pengukuran kherja yang dapat menggarnbarkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. PT Kereta Api Daop 2 Bandung sebagai suatu perusahaan merasa bahwa sistem pengukuran kineqa yang dilakukan saat ini belum maksimal karena masih terdapat aspek-aspek penting yang belum diperhatikan. Proses pengukuran kinerja perusahaan perlu menggunakan ukuran-ukuran kineqa yang komprehensif yang mengandung ukuran keuangan dan non keuangan. Balanced Scorecard merupakan salah satu solusi untuk mengukur kinerja dengan cakupan pengukurannya yang komprehensif, yaitu mempertimbangan kinerja pada perspekfif keuangan dan perspektif non keuangan yang mencakup: perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif perturnbuhan dan pembelajaran. Hasd perhitungan performansi masing-masing perspekfif diperoleh nilai perspekfif keuangan sebesar 1,628 (Kurang sekali), perspekiif pelanggan 3,829 (Baik), perspekfif proses bisnis internal 2,959 (Cukup), dan perspektif pembelajaran dan perturnbuhan 1,969 (kurang). Nilai performansi PT. Kereta Api (persero) Daop 2 Bandung secara keseluruhan adalah sebesar 2,628 dan n ternlasuk kategori cukup. Usulan faktor-faktor yang diperlukan bagi peningkatan performansi kinerja perusahaan berdasarkan hasil pencapaian tolak ukur setiap perspektif Balanced Scorecard antara lain adalah bahwa perusahaan dapat memanfaatkan aset-aset yang dimiliki sebagai usaha meningkatkan pendapatan, mengoptimalisasi angkutan barang dengan melakukan hubungan kerja sama
dengan kawasan industri, serta upaya peningkatan pelayanan di dalam kereta api dan membuat sistem penanganan komplain yang baik, serta meningkatkan fasilitas pendidikan sebagai usaha peningkatan kemampuan kinerja pegawai.

Dibuat oleh :  Yoanita Y.,  Ambar H., Hendra B

Alamat e-mail : yoan21@yahoo.com

Kata Kunci : Performansi kinerja, Balanced Scorecard, jasa kereta api.

Keterangan : Karya Ilmiah ini dimuat pada Prosiding Seminar Nasional TIMP IV Surabaya, 20 Agustus 2009 TI-ITS 2009, ISBN : 979-545-046-8

UsulanTindakan Perbaikan Pencapaian Target Kinerja Perusahaan Dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi kasus di PT. Kereta Api Daop 2 Bandung)