Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Electric Field and Potential Around Water Drop on Outdoor Insulator

ABSTRAK

Makalah ini memaparkan hasil komputasi medan dan potensial listrik karena adanya suatu air pada permukaan isolator pasangan luar secara numerik berbasis metoda elemen hingga. Parameter yang digunakan dalam analisis ini adalah bentuk, ukuran dan sudut kontak tetesan air tersebut.
Hasil komputasi menunjukan bahwa medan listrik pada sekitar tetesanair bulat lonjong vertical akan meningkat secara signifikan sebesar 15.39 V/m bilamana sumbu vertical bertambah, dan pada bentuk lingkaran sebesar 1.95 V/m terhadap pertambahan jari-jari lingkaran. Sementara medan listrik akibat tetesab air bulat lonjong horisontal meningkat sebesar 1.37 V/m dengan bertambahnya sumbu horisontal persatuan skala dan 0.397 V/m. Setiap derajad kenaikan sudut kontak. Arah medan listrik cenderung melewati tetesan air tersebut. Pada sisi lain, distribusi ekuipotensial listrik pada umunya cenderung menghindari tetesan air, sebagai akibat dari penumpukan garis-garis ekuipotensial pada perbatasan, air-udara atau air-isolator.

 

Di buat oleh: Waluyo (waluyo@itenas.ac.id), Parouli M, Pakpahan, Suwarno.
Kata kunci : medan listrik, permukaan isolator, potensial listrik, sudut kontak, tetesan air.
Keterangan : Diterbitkan di Jurnal Teknologi Media Teknika, FT USD Yogyakarta, Vol. 7, No. 2, Desember 2007 ISSN : 1412-5641