Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Pengaruh Penggantian Material Bata Merah Dengan Batako Terhadap Biaya Bangunan (Studi Kasus: Student Center Itenas, Bandung)

ABSTRAK

Seiring dengan tuntutan terhadap biaya dan waktu dalam pelaksanaan proyek maka perlu diadakan analisa terhadap penggunaan metoda membangun dan penggunaan material konstruksi yang baik serta dapat mencapai tingkat efisiensi yang tinggi. Selain itu, efisiensi penggunaan tenaga kerja dan permakaian bahan bangunan serta alat bantunya dapat pula menekan faktor biaya dan waktu di dalam suatu proyek. Adanya penelitian untuk membandingkan bahan bangunan dinding pengisi ini, dilakukan untuk memberikan alterrnatif pemecahan terhadap efiiensi biaya dan waktu tanpa merubah fungsi dari elemen tersebut. Dalam hal ini akan dbandingkan keunggdan dan kelemahan serta dampak dari pemakaian dinding pengisi batu bata merah dengan batako terhadap biaya. Berdasarkan keunggulan dan kelemahan yang ada pada kedua jenis material dinding pengisi tersebut, diharapkan dapat memberikan suatu gambaran analisa kuantitatif yang mempengaruhi biaya proyek secara keseluruhan. Studi kasus tulisan ini dilakukan pada bangunan Student Center lnstitut Teknologi Nasional Bandung.

Dibuat oleh : I Putu Widjaja Thomas Brunner

E-mail: brunner@itenas.ac.id

Kata Kunci : bata, batako,Biaya, Waktu, Efisiensi.

Keterangan :  Makalah ini  dimuat pada Jurnal Arsitektur Universitas Bandar Lampung, Desember 2012

Pengaruh Penggantian Material Bata Merah Dengan Batako Terhadap Biaya Bangunan (Studi Kasus: Student Center Itenas, Bandung)