Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK ONLINE KNOWLEDGE SHARING BEHAVIOR PADA SISTEM BLENDED LEARNING

ABSTRAK

Blended learning merupakan alternatif metode pembelajaran yang mengkombinasikan metode kelas tradisional dengan aktivitas online (e-learning). Metode ini menjadi jalan tengah dengan harapan dapat memaksimumkan keuntungan berupa peningkatan produksi dan transfer pengetahuan yang dihasilkan dari interaksi face-to-face dengan interaksi online. Akan tetapi upaya ini akan menjadi sia-sia jika belum terbangun budaya berbagi pengetahuan (knowledge sharing behavior) yang konsisten dan berkesinanmbungan. Penelitian ini bertujun untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi dan membentuk knowledge sharing behavior dalam sistem blended learning. Penelitian dimulai dengan pemetaan literatur-literatur terkait berdasarkan kata kunci knowledge sharing behavior dan e-learning. Berdasarkan hasil pemetaan literatur, ditetapkan model Knowledge Sharing Behavior hasil penelitian Chen dkk (2009) sebagai model dasar penelitian. Penelitian ini memandang Online knowledge sharing behavior (OKSB) dipengaruhi oleh faktor intention, self-efficacy, social interaction, serta faktor kepuasan teknologi.

Dibuat oleh  : Khuria Amila, Kadarsah Suryadi
E-mail            : kamila@itenas.ac.id
Kata kunci    : knowledge sharing behavior, blended learning, e-learning
Keterangan  : Makalah ini  dimuat pada Proceedings INDECT Industrial Engineering conference on Telecomunication 2013, Departemen Rekayasa Industri, ISSN 2085-1555, Telkom University

FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK ONLINE KNOWLEDGE SHARING BEHAVIOR PADA SISTEM BLENDED LEARNING