Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

EFEK REVERB TIPE LECTURE HALL DENGAN PENDEKATAN TEORI SABINE BERBASIS DIGITAL SIGNAL PROCESSOR (DSPs)

ABSTRAK

Salah satu jenis efek musik adalah reverb, yang merupakan hasil tiruan dari refleksi bunyi di dalam ruangan dimana sebagian bunyi akan terabsorpsi dan kemudian terjadi pemantulan bunyi yang berulang-ulang . Sesuai dengan tipe ruangannya, lecture hall didisain supaya tidak mengganggu suara dosen ketika sedang berbicara dimana sebuah pendekatan bernama teori Sabine mempunyai delay di bawah satu detik. Teori ini akan direalisasikan menggunakan DSPs dengan input gitar elektrik .Perancangan efek dengan pendekatan Sabine disusun berdasarkan tiga subsistem yaitu Early Refelction, Butterworth dan Reverberation. Masing-masing subsistem menggunakan pemfilteran Infinite Impulse Response(IIR) dan total hasil efek reverb dilakukan pemrosesan Comb Filter. Realisasi dijalankan dengan menggunakan duah buah PC dimana PC pertama untuk mengeksekusi program dan PC kedua untuk analisis hasil keluaran yang dicatat melalui dua buah professional software. CUBASE SX3 mencatat hasil dengan spesifikasi frekuensi Sabine dan ADOBE AUDITION 2.0 mencatat hasil dengan spesifikasi waktu Sabine. Hasil Eksekusi program sementara menunjukkan terjadinya error terhadap pendekatan Teori Sabine. Untuk spesifikasi frekuensi Sabine (faktor penguatan) error terbesar terletak pada frekuensi Sabine 2000 Hz sebesar 2.57 (frekuensi input 4000 Hz) dan 2.64 (frekuensi input 9600 Hz) sementara spesifikasi waktu Sabine (reverberation time) menunjukkan error 9.057 dengan frekuensi input 8000 Hz.
—————————————————————————————————————————————
A type of music effect is Reverb which is imitated echoes sound in a room. The first sound coming from the source will absorbed half on the wall and the rest of it reflected as echoes. Lecture hall is a type of room which is designed for students to hear their lecturer as clear as possible while Sabine’s methods can reach reverberation time not exceed to one second. In this project reverbdesigned in three subsystem. There are Early reflection, Butterworth and Reverberation subsystem while each of it using Infinite Impulse Response (IIR) and for the total result Comb Filter were proceed. Meanwhile the input was coming from an electric guitar and Sabine method is used based on its parameter about gain in frequency domain and reverberation in time domain. The implementation is done by using two PCs while PC1 executed the program and PC2 analized the output coming from the DSP. CUBASE SX3 and Adobe Audition 2.0 were used as professional software to analize the gain and reverberation time. The result shown errors temporarily with gain on 2000 Hz Sabine’s frequency. It occurred at 2.57 on 4000 Hz and 2.64 on 9600 Hz. Reverberation in Sabine shown an error time about 9.057 for 8000 Hz sampling frequency.

Dibuat Oleh : Marisa Premitasari, Hendi Handian

Alamat e-mail : marisa.premitasari@gmail.com, hendi.hr@gmail.com

Kata Kunci : Reverb, lecture hall, sabine, faktor penguatan, reverberation time, frekuensi input.

Keterangan : Karya Ilmiah ini dimuat pada  JETT, Jurnal Elektro Telekomunikasi Terapan Juli 2016

 

EFEK REVERB TIPE LECTURE HALL DENGAN PENDEKATAN TEORI SABINE BERBASIS DIGITAL SIGNAL PROCESSOR (DSPs)