Page 20 - E-Magz_Ed07_2021
P. 20

Kasir dibatasi akrilik dan tanda antrian di lantai  Kursi diberi tanda untuk jarak duduk

          (Sumber:https://industri.kontan.co.id/news/setahun-jokowi-pengusaha-  (Sumber: https://www.liputan6.com/on-off/read/ 4270219/foto-melihat-
          ritel-merana-karena-covid)                         cara-supermarket-aeonmall)
                               Gambar 2. Perubahan desain di dalam pusat perbelanjaan pasca Covid-19



          Perubahan desain pusat perbelanjaan saat ini masih fokus pada   g. Desain bangunan harus mempertimbangkan juga pergantian
          perubahan tata ruang dalam untuk mengadaptasikan protokol   udara di dalam bangunan secara alami melalui taman di dalam
          kesehatan dan mencegah penularan Covid-19 antar konsumen   bangunan atau penempatan food court di sisi luar bangunan.
          dan juga karyawan. Perubahan tersebut meliputi:
                                                             Fasilitas-fasilitas umum yang lain seperti rumah sakit, sekolah,
          a. Jumlah pintu masuk ke dalam pusat perbelanjaan dibatasi   bandara, terminal, stasiun kereta api, dan lainnya juga telah
          dan dikontrol oleh  petugas keamanan. Penyediaan tempat   mengubah  desain ruang  dalam  untuk  bisa  adaptasi  dengan
          cuci tangan (sterilization chamber) yang dilengkapi disinfektan   berbagai protokol kesehatan seperti yang telah dijelaskan
          dan alat pengukur suhu tubuh (thermal scanner) di teras depan   di atas. Meskipun saat ini secara umum perubahan masih
          sebelum masuk pusat perbelanjaan.                  pada perubahan penataan ruang dalam bangunan, tetapi
                                                             diperkirakan perubahan bentuk bangunan dan fasade fasilitas
          b. Pemberian tanda di lantai berupa gambar tapak kaki atau   umum akan berubah pada masa mendatang. Kesadaran akan
          garis untuk mengatur antrian konsumen di pintu masuk, dekat   pentingnya  kesehatan  dan  gaya  hidup  sehat  serta  efisiensi
          kasir, di lift dan beberapa tempat yang mungkin terjadi antrian   menjadi  hal  utama  yang  akan  dipertimbangkan  pada  desain
          atau kerumunan konsumen.                           fasilitas umum pada masa mendatang, tanpa meninggalkan
                                                             pentingnya estetika pada desain bangunan. Ruang-ruang luar
          c. Pengaturan meja makan di food court yang berjauhan dan   atau taman antar bangunan juga menjadi bagian yang akan
          memberi tanda “X” di meja dan kursi untuk memberi jarak sosial   diwadahi dalam desain bangunan, mengingat pergantian
          antar konsumen. Beberapa pusat perbelanjaan mengubah pola   udara perlu dilakukan untuk kesehatan kita bersama.
          makan di food court menjadi café-café yang lebih privat.


          d. Penggunaan partisi akrilik atau plastik tranparan di kasir, di
          tempat makan, dan beberapa tempat penjualan barang untuk
          mengurangi virus dan melindungi karyawan dari terpapar virus
          dari konsumen.

          e. Material bangunan harus mudah dibersihkan dan anti bakteri
          atau anti virus.


          f. Penggunaan teknologi untuk operasional pusat perbelanjaan
          sehingga mengurangi sentuhan tangan konsumen, seperti
          membuka pintu lift dengan sensor atau pakai injakan kaki,
          kran air di kamar mandi dengan sensor, dan pengecekan harga
          dengan smartphone.






          20  ITENAS MAGAZINE • APRIL 2021
   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25