Page 19 - E-Magz_Ed07_2021
P. 19
Ruang kantor pasca Covid dengan partisi kaca untuk ruang kerja privat Ruang layanan publik diberi garis pembatas untuk memberi jarak tamu
dengan karyawan
(Sumber: https://id.pinterest.com/pin/
56083957837119405/) (Sumber: https://www.bbc.com/worklife/article/20200514-how-the-post-
pandemic-office-will-change)
Gambar 1. Perubahan desain ruang kantor pasca Covid-19
Kantor-kantor layanan publik seperti bank, kantor pajak, dan Perubahan Desain Pusat Perbelanjaan
kantor pemerintah lainnya akan memberi garis pembatas di Berdasarkan Surat Edaran NomorHK.02.01/MENKES/335/2020
lantai untuk memisahkan kursi layanan tamu dengan meja tentang Protokol Pencegahan Penularan Covid-19 di Tempat
informasi karyawan. Antrian panjang dan kerumunan tamu Kerja Sektor Jasa dan Pedagangan dalam mendukung
dihindari, diubah menjadi antrian dengan jarak minimal 1 (satu) keberlangsungan usaha, menyebutkan adanya penyesuaian
meter antar individu. Teras depan menyediakan tempat cuci desain ruang publik terkait perubahan perilaku masyarakat
tangan dan selalu ada petugas untuk mengecek suhu tubuh di akibat pandemik. Pengelola usaha harus memperhatikan
pintu masuk ke dalam kantor. beberapa protokol kesehatan (Gambar 2).
Pengukur suhu tubuh di pintu masuk mall Wastafel di dekat pintu masuk mall
(Sumber: https://inisurabaya.com/2020/04/ (Sumber: https://megapolitan.kompas.com/read/
mall-di-jaringan-pakuwon-grup-pakai-alat-canggih-untuk-deteksi-suhu- 2020/06/15/13083141/masuk-pim-pengunjung-harus-pakai-masker-dan-
tubuh) cuci-tangan)
Penanda di lantai untuk antrian konsumen Meja makan di food court diberi jarak
(Sumber: https://www.supermarketnews.com/ issues-trends/blueprint- (Sumber: https://www.solopos.com/dampak-corona-jam-operasional-toko-
store-future-Covid-19-era) dan-mal-di-solo)
19