Page 51 - Itenas Magazine Des-2021
P. 51

Maka ditetapkan setelah satu tahun menerima pendidikan
            Perkembangan penduduk dan industri di Indonesia juga diikuti   dasar desain, mahasiswa akan siap mengolah pengalaman
            dengan  pertumbuhan lembaga pendidikan tinggi, khususnya   estetis, olah material, kreativitasnya untuk mendesain sebuah
            pada disiplin keilmuan desain produk industri. Univ.Trisakti   benda pakai/produk industri.
            di  Jakarta  dan  ITS di  Surabaya merupakan penyelenggara
            program studi tersebut setelah ITB. Animo masyarakat   Pengertian desain produk industri dapat dilihat dari berbagai
            terhadap pendidikan keprofesian desain produk industri ini   aspek dan sudut pandang, tetapi secara umum adalah
            terus membengkak hingga ratusan jumlahnya, sementara   perancangan  benda produk  pakai  yang digunakan oleh
            ketersediaan kampus sebagai sekolah desainer masih terbatas.  manusia untuk mempermudah pekerjaan atau aktivitasnya
            Akhirnya pada era  tahun ‘90an, tepatnya tahun 1993 di   agar  nyaman,  efisien,  produktif  dan  menyenangkan  atau
            kota Bandung berdiri Program Studi Desain Produk Industri,   memuaskan.  Sebagai  pembanding,  jika  seorang  sarjana
            Jurusan Desain, FTSP - ITENAS. Dinamika pendidikan, kampus,   arsitektur merancang bangunan (rumah, kantor, mall, hotel &
            mahasiswa sangat mendukung suasana akademik pada dekade   restoran, rumah sakit), seorang sarjana teknik sipil merancang
            tahun 90an, dan Bandung yang sudah lama dikenal sebagai   jembatan/jalan/dermaga/jembatan/bendungan. Maka seorang
            kota mode dan anak muda kreatif menjadi salah satu tujuan   desainer produk industri merancang benda produk fungsional.
            kuliah remaja lulusan SMA se jawa barat, Jakarta dan provinsi   Sehingga benda produk yang dirancang pasti memiliki bentuk
            lainnya. Keberadaan sekolah desain produk industri di ITENAS   yang tercipta dari gagasan yang terus dikaji dan dikembangkan.
            menjadi “sparing partner” bagi ITB, baik secara kelembagaan,   Bentuk desain berarti bentuk dan tampilan produk.
            SDM Dosen maupun mahasiswanya. Persaingan positif dari   Desain  fungsional  berarti  kerja  produk.  Yaitu,
            dua kampus di Bandung ini menjadi menghidupkan suasana   bagaimana  produk  itu  bekerja/dipakai/digunakan/
            keprofesian desain produk industri di luar kampus. Keaktifan   dioperasionalkan.  Ini  sangat  penting  karena  produk
            dosen dan mahasiswa di berbagai forum ilmiah seminar atau   akan  dijual  hanya  jika  berfungsi  seperti  yang  diharapkan.
            diskusi, pameran dan lomba desain menjadi lebih semarak.   Desain form kurang penting karena tidak menambahkan
            Profesi desain produk industri semakin diterima dan dibutuhkan   apapun pada kinerja produk. Namun, itu tidak dapat diabaikan
            di berbagai industri furniture, elektronik, otomotif, produk kulit   karena suatu produk tidak akan dijual jika tidak terlihat bagus
            & alas kaki/leather & shoes, outdoor sport equipment, keramik   dan tidak menarik bagi pembeli. Sebagai contoh sebuah kursi
            & earthenware, craft design dan bahkan banyak alumni desain   harus  kuat  kokoh  untuk  diduduki,  sebuah  pulpen  nyaman
            produk industri yang berwirausaha, sebagai freelance designer   dipakai  menulis,  sepasang  sendok  garpu  akan  mantap  dan
            atau sebagai desainer & production.                 nyaman digenggam, sepatu yang nyaman dan sehat dikaki
                                                                serta indah dipandang sehingga menumbuhkan rasa percaya
            Pada  tahun  1997  Jurusan  Desain  Itenas  berubah  menjadi   diri, helm yang nyaman dan menunjang performa bersepeda
            Jurusan Desain Interior, Desain Produk & Desain Komunikasi   atau  bermotor,  mobil  yang  mencitrakan  fungsi  dan kelas
            Visual di bawah lembaga baru Fakultas Senirupa dan Desain   pemakainya, alat pertanian yang menjadikan lebih produktif
            /  FSRD - Itenas                                    petani dan lain sebagainya. Secara ekstrim dapat dikatakan
                                                                pekerjaan atau profesi desain produk industri memiliki ruang
            Belajar apa di sekolah Desain Produk Industri       lingkup pekerjaan yang sangat luas memenuhi kebutuhan
            Sebagai lembaga pendidikan keprofesian, sekolah desain   manusia akan produk di mana pun berada apapun profesinya.
            produk industri memiliki kurikulum yang menarik dan
            dinamis sesuai kebutuhan masyarakat/stakeholder seiring
            perkembangan jaman.  Pada  tahun pertama mahasiswa
            tidak dibebani dengan materi kuliah mendesain tetapi
            pengenalan kemampuan diri mengolah berbagai material
            serta penyampaian komunikasi secara visual/menggambar.
            Pengolahan material untuk mengasah sensitivitas dan kreativitas
            dalam menciptakan bentuk-bentuk yang indah dari lembaran
            kertas, karton, kawat kasa, selang, mix material dan bahkan
            juga limbah industri. Sedangkan pada media komunikasi visual
            berupa menggambar adalah membentuk citra visual dengan
            media pensil, cat air, arang pada lembar kertas dari obyek-
            obyek  organis  floral  dan  geometris  benda  produk  dengan
            pendekatan kepekaan rasa. Di sisi lain keseimbangan pemikiran
            visual juga didekati dengan merekonstruksi objek-objek benda
            produk pada lembar kertas dengan metoda yang terukur
            secara geometris, paraline, perspektif, isometri dan proyeksi.
                                                                                                              51
   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56