Page 55 - Itenas Magazine Des-2021
P. 55
GLOKA GLOKALITAS ITENAS
LIT
S
A
N
A
S
ITE
Pengelolaan Pembelajaran
Bahasa Inggris untuk Mahasiswa
Oleh : Dr. Firmansyah Diyata. S.S., M.Pd
Koordinator English Proficiency Test (EPT) Itenas
Alasan Mengapa Mayoritas Latar Belakang Kemampuan Indonesia yang menganut sistem foreign language acquisition,
Bahasa Inggris Mahasiswa Sangat Rendah dan kemampuan tenaga pendidik yang masih belum mumpuni
Kendala utama dalam pengelolaan pelajaran bahasa Inggris dalam memberikan materi dengan baik dan benar. Sedangkan
untuk mahasiswa di banyak perguruan tinggi adalah kebanyakan untuk permasalahan non teknis yang paling umum adalah
latar belakang kemampuan bahasa Inggris mereka yang masih jumlah siswa yang terlalu banyak di satu kelas, sehingga
berada pada tingkat dasar, yakni pada tingkat elementary atau konsentrasi mereka sangat mudah terganggu sehingga
bahkan foundation. Tingkat kemampuan seperti ini, tentunya mengakibatkan mereka sulit menerima materi pelajaran
akan membuat para mahasiswa tersebut mengalami kesulitan dengan baik dan berujung pada ketidakmampuan memahami
ketika mereka harus mengahadapi tugas-tugas dari dosen yang materi yang diberikan oleh guru.
berkaitan dengan praktek pemahaman bahasa Inggris, seperti
memahamai materi buku teks dalam bahasa Inggris, membaca DI tulisan ini, saya akan membahas akar permasalahan yang
jurnal dalam bahasa Inggris, apalagi menulis tulisan ilmiah menurut saya menjadi masalah utama mengapa kemampuan
dalam bahasa Inggris. bahasa Inggris kebanyakan siswa yang bergabung dengan
perguruan tinggi kebanyakan masih berada pada tingkat
Mengapa kebanyakan mahasiswa yang datang ke perguruan dasar, yakni tingkat elementary atau foundation. Untuk mulai
tinggi memiliki kemampuan bahasa Inggris yang rendah? menganalisa hal ini, saya akan memulainya dengan menjelaskan
Untuk dapat menjawabnya dengan benar, kita harus melihat terminologi foreign language acquisition dan second language
bagaimana pengelolaan pengajaran bahasa Inggris di sekolah acquisition. Foreign language acquisition dan second language
dasar maupun menengah sebelum para mahasiswa tersebut acquisition adalah istilah untuk mendeskripsikan bagaimana
bergabung dengan perguruan tinggi. Di sekolah dasar, bahasa suatu negara memberlakukan penggunaan Bahasa Inggris.
Inggris bukan merupakan bagian dari penilaian utama, tapi Pada foreign language acquisition bahasa Inggris bukanlah
hanya sebagai pelajaran tambahan, atau bahkan bagian dari sebagai bahasa yang digunakan sehari-hari. Bahasa Inggris
ekstra kurikuler. Kebanyakan siswa yang mengikuti pelajaran hanya digunakan untuk tujuan-tujuan tertentu, misalnya ketika
bahasa Inggris di sekolah dasar sebagai ekstrakurikuler karena diadakan seminar-seminar internasional, atau ketika seseorang
mereka memang menyukai bahasa Inggris, apalagi apabila guru dari negara tersebut menggunakan bahasa Inggris pada saat
yang menyampaikan pelajaran tersebut mampu memberikan dia sedang bertemu kolega internasionalnya yang hanya
atmosfer pembelajaran yang menyenangkan untuk mereka. dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Jadi dalam hal
Pada tingkat sekolah dasar, para siswa biasanya diarahkan ini, masyarakat di negara ini berkomunikasi sehari-hari dengan
untuk mendapatkan kosa kata atau mengetahui susuanan- menggunakan bahasa daerah atau bahasa nasional mereka
susunan kalimat sederhana dalam bahasa Inggris. sendiri. Indonesia adalah salah satu contoh negara yang
berada pada kategori foreign language acquisition. Negara
Ketika para siswa tersebut menginjak SMP dan SMA, mereka lainnya yang berada pada kategori ini misalnya Malaysia,
mulai mempunyai kewajiban untuk mampu memahami bahasa India, China, dan lain-lain yang sesuai dengan deskripsi foreign
Inggris dengan baik, karena bahasa Inggris sudah menjadi language acquisition diatas. Sedangkan second language
salah satu mata pelajaran yang memberikan kontribusi acquisition adalah istilah yang digunakan untuk negara-
penilaian terhadap nilai keseluruhan yang akan mereka peroleh negara yang masyarakatnya menggunakan bahasa Inggris
di akhir semester. Namun permasalahannya, pengelolaan mata ketika berkomunikasi sehari-hari antar satu dengan lainnya.
pelajaran bahasa Inggris di sekolah menengah menghadapi Negara seperti ini masyarakatnya terdiri dari berbagai ras yang
banyak kendala, baik masalah teknis maupun non teknis. memiliki bahasa ibu tersendiri, namun ketika bertemu dengan
Masalah teknis yang terjadi di sekolah menengah adalah orang lain yang memiliki ras berbeda, tapi berkebangsaan
program pengajaran yang sebenarnya tidak tepat untuk yang sama, mereka akan menggunakan bahasa Inggris untuk
55