Page 58 - Itenas Magazine Des-2021
P. 58
sering terjadi pada kalimat bahasa Inggris sesuai dengan laboratorium atau UPT bahasa di perguruan tinggi tersebut.
pola tenses yang digunakan. Setelah memahami pola kalimat Melalui kegiatan ini, perguruan tinggi dapat melihat potensi-
melalui penggunaan verb be dan tenses yang berbeda, potensi para mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut,
mahasiswa juga diajarkan bagaimana menggabungkan kalimat sehingga ketika ada kompetisi antar perguruan tinggi yang
dengan menggunakan kata sambung (conjunctions). Setelah berkaitan dengan bahasa Inggris, para mahasiswa yang
memahami tenses, para mahasiswa diberikan pengetahuan memiliki potensi kemampuan bahasa Inggris yang baik, dapat
tentang perubahan kalimat aktif menjadi kalimat pasif. Fase memberikan kontribusi.
terakhir dari silabus ini adalah membantu para mahasiswa
untuk memahami bagaimana subjek atau objek di suatu kalimat Bentuk kegiatan ekstrakurikuler dalam bahasa Inggris dapat
dapat dikembangkan melalui klausa, untuk memahami hal ini berbagai macam, diantaranya: meningkatkan kemampuan
mahasiswa diberikan pengetahuan tentang adjective clause berbicara melalui conversation club, meningkatkan kemampuan
dan noun clause. Program diatas dapat memberikan hasil yang membaca melalui reading club, meningkatkan kemampuan
optimal apabila dilaksanakan berdasarkan perencanaan waktu, berbicara di depan masyarakat umum melalui public speaking,
materi dan evaluasi yang dapat memberikan kenyamanan bagi atau menyelenggarakan aktivitas basa Inggris yang terintegrasi
para mahasiswa. melalui integrating four skills of English. Agar kegiatan ini
diikuti dengan serius oleh para mahasiswa tersebut, perguruan
Hal lain yang harus diperhatikan, selama mempelajari materi- tinggi dapat menjadikan kegiatan ekstrakurikuler ini sebagai
materi grammar diatas, para mahasiswa sebaiknya jangan dulu suatu kegiatan wajib yang harus diikuti mahasiswa sebelum
diberikan materi bacaan. Sebaiknya, mereka terlebih dahulu mereka dapat mengikuti yudisium.
memahami bentuk-bentuk kalimat dalam bahasa Inggris,
sebelum mereka membaca teks, baik teks yang sederhana, Dukungan UPT atau Laboratorium Bahasa Perguruan
maupun yang memiliki tingkat kesulitan menengah dan Tinggi Terhadap Pengelolaan Pembelajaran Bahasa
tinggi. Secara logika, mahasiswa yang belum memahami Inggris
kalimat dalam bahasa Inggris, tentunya tidak akan mengerti Apapun bentuknya, unit pengelolaan bahasa di setiap
arti kalimat-kalimat yang ada pada teks yang sedang mereka perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi terhadap
baca. Untuk dapat memahami bacaan, para mahasiswa peningkatan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa
setidaknya harus memahami beberapa tenses yang sering dengan bermacam cara. Cara-cara tersebut tentunya harus
digunakan pada bacaan. Perkiraan waktu yang dibutuhkan dirancang sebaik mungkin agar dapat memberikan dukungan
untuk membuat mereka memahami cara memproduksi kalimat secara optimal terhadap peningkatan pengetahuan dan
dalam bahasa Inggris secara lengkap adalah 32 kali pertemuan, keterampilan berbahasa Inggris mahasiswa. Salah satu bentuk
atau dua semester. Apabila dalam satu semester didukung oleh dukungan yang paling nyata dari unit pengelolaan bahasa
responsi, maka silabus dapat dikondisikan untuk satu semester, Inggris di perguruan tinggi adalah dengan menyediakan
tapi aktifitas responsi tidak ditujukan untuk meningkatkan kursus bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan para E-Channel : BNI Mobile Banking
kemampuan membaca, berbicara atau mendengar, namun mahasiswa. Tentunya banyak program pelatihan bahasa
harus melanjutkan materi grammar yang telah diajarkan di Inggris yang dapat diselenggarakan melalui kursus, namun
kelas. Dengan demikian, proses 32 kali pertemuan yang harus agar penyelenggaraannya dapat berjalan dengan baik, banyak
diselesaikan selama 2 semester apabila tidak ada responsi, dapat peminatnya dan benar-benar memberikan kontribusi yang Merupakan layanan e-Banking
diselesaikan dalam waktu 1 semester, sehingga 1 semester lagi signifikan dalam membantu perkembangan kualitas bahasa berbasis Aplikasi yang di install
dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca, Inggris di perguruan tinggi tersebut, sebaiknya program- melalui perangkat Handphone/
berbicara, mendengar dan menulis mahasiswa, atau setidaknya program yang akan dieselenggarakan dirancang sesuai Smartphone (Android & iOS) dan
salah satu dari keterampilan tersebut. dengan kebutuhan nyata yang diinginkan para mahasiswa. penggunaannya menggunakan
Kebutuhan utama para mahasiswa biasanya berkaitan dengan paket data atau internet
Pembinaan Bahasa Inggris untuk Mahasiswa yang Melewati general English. General English dalam konteks ini adalah
Skor Diagnostic Test general English yang berkaitan dengan peningkatan empat
Mahasiswa yang kemampuan bahasa Inggrisnya telah ketrampilan bahasa Inggris mereka, yakni kemampuan
melewati skor diagnotis test, diatas 80 untuk general English berbicara (speaking), mendengar (listening), membaca
dan diatas 475 untuk tes setara TOEFL, harus tetap diberikan (reading) dan menulis (writing). Empat keterampilan tersebut
kesempatan untuk mengikuti kegiatan bahasa Inggris lain yang dapat dirancang dengan program pelatihan terpisah atau
dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan keterampilan terintegrasi menjadi satu (integrated English). Selain program-
Value ADDED
lainnya, misalnya keterampilan berbicara, mendengar, menulis program yang berkaitan dengan empat keterampilan diatas,
dan membaca secara terintegrasi. Kegiatan seperti ini tidak pengelola dapat pula mengadakan program yang khusus
perlu melalui perkuliahan formal, bisa saja kegiatan ini diadakan untuk persiapan-persiapan tes yang biasa diadakan
berupa kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh untuk menguji keterampilan bahasa Inggris untuk tujuan-
Security (Biometric Investasi QRIS Capability Open Account Multi Account
Authentication) (SBN Ritel & Reksadana) MPM, CPM, TTM (CIF Based) Rate Us
58 ITENAS MAGAZINE • DESEMBER 2021