Page 57 - Itenas Magazine Des-2021
P. 57
dipastikan mereka akan datang ke perguruan tinggi dengan mahasiswa yang bergabung guna mengetahui tingkat
kemampuan bahasa Inggris yang sangat minim. Kemampuan kemampuan bahasa Inggris mereka. Selanjutnya, para
bahasa Inggris yang dimiliki oleh seseorang di negara dengan mahasiswa yang latar belakang bahasa Inggrisnya masih
metode pemerolehan bahasa Inggris sebagai bahasa asing berada pada tingkat dasar atau masih sangat minim, harus
(foreign language acquisition) tergantung sepenuhnya dengan mengikuti perkuliahan bahasa Inggris. Mahasiswa yang
pengalaman orang tersebut ketika berusaha memperoleh dikategorikan pada tingkat kemampuan bahasa Inggris yang
pengetahuan dan keterampilan bahasa Inggris. Ketika pertama minim adalah mahasiswa yang memperoleh skor dibawah
kali belajar mereka sudah memperoleh pengalaman yang 80 untuk tes bahasa Inggris umum atau memperoleh skor
tidak baik, biasanya akan menjadi trauma dan tidak mau lagi dibawah 475 untuk tes setingkat TOEFL. Setelah itu, hal utama
berusaha untuk bisa menguasai bahasa Inggris, karena mereka yang harus dilakukan adalah mempersiapkan silabus yang
menganggap bahasa Inggris adalah pelajaran yang susah. dapat memberikan mahasiswa yang memiliki latar belakang
pengetahuan dan ketrampilan minim tersebut pengetahuan
Sebaliknya, apabila ternyata mereka mendapatkan pengalaman tentang bagaimana cara membuat kalimat dalam bahasa
dalam memperoleh pengetahuan dan ketrampilan bahasa Inggris. Silabus ini berisikan tentang cara pembuatan kalimat
Inggris dengan pendekatan dan metode yang tepat, maka yang terintegrasi, yakni cara membuat kalimat sederhana
mereka akan semakin menyukai pelajaran bahasa Inggris dan dengan menggunakan verb be, kalimat dengan menyertakan
semakin pintar dan mahir dalam berbahasa Inggris hari demi perubahan kata kerja atau yang biasa disebut tenses, kalimat
hari. Oleh karena itu, bukanlah suatu hal yang aneh, ketika kita dengan menggunakan kata sambung, kalimat pasif, dan
menemui kelas-kelas pada kursus bahasa Inggris yang terdiri kalimat dengan klausa pada subjek atau objek. Silabus seperti
dari para peserta dengan usia-usia yang berbeda. Di kelas ini akan menjadi program yang dapat membimbing mahasiswa
tersebut bisa saja peserta termudanya anak kelas 6 sekolah untuk secara bertahap (step by step) memahami bagaimana
dasar, sementara peserta dengan usia tertua berusia 30 tahun memproduksi kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris.
dan sudah bekerja. Hal ini menunjukan, usia dan tingkat
Pendidikan bukanlah penentu untuk menyatakan bahwa Melalui silabus tersebut, mahasiswa akan mengetahui jenis
seseorang memiliki tingkat pengetahuan dan ketrampilan – jenis kata benda dan bagaimana kata benda tunggal
bahasa Inggris yang baik. (singular atau uncountable noun) dan jamak (plural atau
countable noun) dikonversi ketika menjadi subjek. Pemahaman
Mengacu pada hal diatas, saya berpendapat bahwa cara mahasiswa terhadap konversi tersebut akan menjadi hal yang
penanganan paling ideal untuk para mahasiswa di perguruan sangat penting karena terkait dengan pemahaman mereka
tinggi adalah dengan memberikan tes awal kepada seluruh terhadap perubahan verb be, kata bantu, dan kata kerja yang
57