Page 57 - Itenas Magazine Des-2021
P. 57

dipastikan mereka akan datang ke perguruan tinggi dengan   mahasiswa yang bergabung guna mengetahui tingkat
            kemampuan bahasa Inggris yang sangat minim. Kemampuan   kemampuan bahasa Inggris mereka. Selanjutnya, para
            bahasa Inggris yang dimiliki oleh seseorang di negara dengan   mahasiswa yang latar belakang bahasa Inggrisnya masih
            metode pemerolehan bahasa Inggris sebagai bahasa asing   berada pada tingkat dasar atau masih sangat minim, harus
            (foreign language acquisition) tergantung sepenuhnya dengan   mengikuti perkuliahan bahasa Inggris. Mahasiswa yang
            pengalaman orang tersebut ketika berusaha memperoleh   dikategorikan pada tingkat kemampuan bahasa Inggris yang
            pengetahuan dan keterampilan bahasa Inggris. Ketika pertama   minim adalah mahasiswa yang memperoleh skor dibawah
            kali belajar mereka sudah memperoleh pengalaman yang   80 untuk tes bahasa Inggris umum atau memperoleh skor
            tidak baik, biasanya akan menjadi trauma dan tidak mau lagi   dibawah 475 untuk tes setingkat TOEFL. Setelah itu, hal utama
            berusaha untuk bisa menguasai bahasa Inggris, karena mereka   yang harus dilakukan adalah mempersiapkan silabus yang
            menganggap bahasa Inggris adalah pelajaran yang susah.   dapat  memberikan  mahasiswa  yang  memiliki  latar  belakang
                                                                pengetahuan  dan  ketrampilan  minim  tersebut pengetahuan
            Sebaliknya, apabila ternyata mereka mendapatkan pengalaman   tentang bagaimana cara membuat kalimat dalam bahasa
            dalam memperoleh pengetahuan dan ketrampilan bahasa   Inggris. Silabus ini berisikan tentang cara pembuatan kalimat
            Inggris dengan pendekatan dan metode yang tepat, maka   yang terintegrasi, yakni cara membuat kalimat sederhana
            mereka akan semakin menyukai pelajaran bahasa Inggris dan   dengan menggunakan verb be, kalimat dengan menyertakan
            semakin pintar dan mahir dalam berbahasa Inggris hari demi   perubahan kata kerja atau yang biasa disebut tenses, kalimat
            hari. Oleh karena itu, bukanlah suatu hal yang aneh, ketika kita   dengan menggunakan kata sambung, kalimat pasif, dan
            menemui kelas-kelas pada kursus bahasa Inggris yang terdiri   kalimat dengan klausa pada subjek atau objek. Silabus seperti
            dari para peserta  dengan usia-usia yang berbeda. Di kelas   ini akan menjadi program yang dapat membimbing mahasiswa
            tersebut bisa saja peserta termudanya anak kelas 6 sekolah   untuk secara bertahap (step by step) memahami bagaimana
            dasar, sementara peserta dengan usia tertua berusia 30 tahun   memproduksi kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris.
            dan sudah bekerja. Hal ini  menunjukan, usia dan tingkat
            Pendidikan bukanlah penentu untuk menyatakan bahwa   Melalui silabus tersebut, mahasiswa akan mengetahui jenis
            seseorang  memiliki  tingkat pengetahuan  dan ketrampilan   – jenis kata benda dan bagaimana kata benda tunggal
            bahasa Inggris yang baik.                           (singular atau uncountable noun) dan jamak (plural atau
                                                                countable noun) dikonversi ketika menjadi subjek. Pemahaman
            Mengacu pada hal diatas, saya berpendapat bahwa cara   mahasiswa terhadap konversi tersebut akan menjadi hal yang
            penanganan paling ideal untuk para mahasiswa di perguruan   sangat penting karena terkait dengan pemahaman mereka
            tinggi adalah dengan memberikan tes awal kepada seluruh   terhadap perubahan verb be, kata bantu, dan kata kerja yang


                                                                                                              57
   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62