Page 55 - Kebijakan Perpustakaan
P. 55
Bahan – bahan Promosi
1) Koleksi Bahan Pustaka (buku, majalah, jurnal, CD)
2) Layanan (jenis – jenis layanan yang diberikan)
3) Fasilitas (internet; foto copy)
Strategi Promosi
1) Membangun komunikasi dengan pemustaka, merupakan pemanfaatan
ilmu komunikasi dalam segala kegiatan promosi, oleh karena itu
diperlukan kemampuan dalam berkomunikasi dengan pemustaka,
lingkungan, fasilitas dan bahan pustaka yang ada. Beberapa sikap
dalam berkomunikasi dapat ditunjukkan dengan kemampuan memiliki
wawasan yang luas, tingginya integritas dan kemampuan dalam
berkomunikasi.
2) Membangun kerjasama dengan pihak ketiga. Pada dasarnya tidak
satupun perpustakaan yang mampu memberikan layanan berupa
pemenuhan semua kebutuhan pemustaka, oleh karena itu perlu
dibangun kerjasama terutama dalam layanan promosi. Kerjasama
dapat dilakukan dalam kegiatan sehari-hari atau secara insidentil.
Kerjasama dapat dilakukan dengan: instansi terkait (pendidikan,
perpustakaan nasional/provinsi/kabupaten/kota, pemerintah,
penerbit, toko buku) atau dengan lembaga / orang yang berkompeten
dengan perpustakaan (LSM, tokoh masyarakat).
3) Membuat program promosi yang meliputi: penetapan sasaran/prioritas;
menentukan prosedur /tindakan serta menyusun rencana kerja.
Adapun dalam pembuatan program promosi ini perlu menetapkan
pendekatan yang dipakai yaitu: melalui iklan, melalui kontak pribadi
atau melalui penciptaan “suasana akademik” (academic atmosphere),
melalui publikasi atau pemberian reward.
11