Page 55 - Kebijakan Perpustakaan
P. 55

Bahan – bahan Promosi
                 1)  Koleksi Bahan Pustaka (buku, majalah, jurnal, CD)
                 2)  Layanan (jenis – jenis layanan yang diberikan)
                 3)  Fasilitas (internet; foto copy)

                 Strategi Promosi
                 1)  Membangun komunikasi dengan pemustaka, merupakan pemanfaatan
                    ilmu  komunikasi  dalam  segala  kegiatan  promosi,  oleh  karena  itu
                    diperlukan  kemampuan  dalam  berkomunikasi  dengan  pemustaka,
                    lingkungan,  fasilitas  dan  bahan  pustaka  yang  ada.  Beberapa  sikap
                    dalam berkomunikasi dapat ditunjukkan dengan kemampuan memiliki
                    wawasan  yang  luas,  tingginya  integritas  dan  kemampuan  dalam
                    berkomunikasi.
                 2)  Membangun  kerjasama  dengan  pihak  ketiga.  Pada  dasarnya  tidak
                    satupun  perpustakaan  yang  mampu  memberikan  layanan  berupa
                    pemenuhan  semua  kebutuhan  pemustaka,  oleh  karena  itu  perlu
                    dibangun  kerjasama  terutama  dalam  layanan  promosi.  Kerjasama
                    dapat  dilakukan  dalam  kegiatan  sehari-hari  atau  secara  insidentil.
                    Kerjasama  dapat  dilakukan  dengan:  instansi  terkait  (pendidikan,
                    perpustakaan       nasional/provinsi/kabupaten/kota,      pemerintah,
                    penerbit, toko buku) atau dengan lembaga / orang yang berkompeten
                    dengan perpustakaan (LSM, tokoh masyarakat).
                 3)  Membuat program promosi yang meliputi: penetapan sasaran/prioritas;
                    menentukan  prosedur  /tindakan  serta  menyusun  rencana  kerja.
                    Adapun  dalam  pembuatan  program  promosi  ini  perlu  menetapkan
                    pendekatan yang  dipakai yaitu: melalui iklan, melalui kontak pribadi
                    atau  melalui  penciptaan  “suasana  akademik”  (academic  atmosphere),
                    melalui publikasi atau pemberian reward.






















                                                    11
   50   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60