Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

MODEL PENINGKATAN RELIABILITAS PRODUK UNTUK PRODUK YANG DIJUAL DENGAN GARANSI

ABSTRAK

Menjual produk dengan garansi berarti ada ongkos tambahan yang dikeluarkan produsen untuk perbaikan produk rusak selama masa garansi. Untuk masa garansi tertentu ongkos ini tergantung dari banyaknya jumlah klaim selama masa garansi yang dipengaruhi oleh karakteristik laju kerusakan produk. Ongkos ini dapat diminimasi dengan cara meningkatkan keandalan (reliability improvement) produk/sistem, karena produk dengan reliabilitas yang tinggi dapat mengurangi jumlah kerusakan. Pada makalah ini dikembangkan model untuk meningkatkan reliabilitas produk yang dijual dengan garansi. Produk yang dipertimbangkan adalah produk yang terdiri dari beberapa komponen yang disusun dengan rangkaian seri.
Kerusakan produk dapat disebabkan oleh kerusakan dari salah satu komponen atau lebih, sehingga untuk meningkatkan keandalan produk dapat dilakukan dengan cara meningkatkan keandalan dari komponen-komponennya Peningkatkan reliabilitas komponen dilakukan dengan cara menentukan parameter desain pada tahap perancangan. Dengan dilakukan peningkatan keandalan maka laju kerusakan komponen dapat dikurangi dan dapat menurunkan ongkos garansi. Namun peningkatan keandalan memerlukan ongkos berupa ongkos investasi dan ongkos produksi. Parameter desain yang optimal diperoleh dengan memaksimumkan penghematan total ongkos yang merupakan selisih antara penurunan ongkos garansi dengan penambahan ongkos investasi untuk peningkatan keandalan dan ongkos produksi. Contoh numerik untuk memberikan gambaran tentang parameter desain yang optimal untuk setiap komponen.

Dibuat oleh     : Yanti Helianty, Bermawi P. Iskandar
E-mail                : yanti@itenas.ac.
Kata kunci       :  Garansi, peningkatan keandalan, rangkaian seri, komponen.
Keterangan     : Karya Ilmiah ini  dimuat  pada Jurnal Itenas, No. 1 Vol. XVI, ISSN : 1410-3125

MODEL PENINGKATAN RELIABILITAS PRODUK UNTUK PRODUK YANG DIJUAL DENGAN GARANSI