Page 6 - IMagz Ed. 04
P. 6

CAKRAWALA




          SEBUAH TRANSFORMASI SOSIAL


          YANG BERNAMA



          ‘REVOLUSI




                INFORMASI’































          Transformasi, perubahan; dianggap sebagai konsekuensi   yaitu apakah sesuatu menghasilkan untung atau rugi; (4)
          sedemikian rupa sehingga perubahan berulang kali   Terjadi persaingan dengan mekanisme pengaturan urusan
          dilakukan terhadap kemunculan bentuk masyarakat yang   ekonomi yang bertentangan dengan aturan konvensional;
          baru, yang menandai putusnya sistem dengan apa yang   (5)  Terjadi  komodifikasi  norma  dalam  penilaian  harga;  (6)
          telah terjadi sebelumnya. Muncul beragam istilah yang   Kepemilikan  pribadi  atas  properti  lebih  disukai  daripada
          digunakan, mulai dari  penggeneralisasian pengertian   kepemilikan negara; (7) Upah buruh adalah mekanisme
          ‘masyarakat informasi’,  hingga masyarakat pascaindustri,   utama untuk mengatur kegiatan kerja.
          posmodernisme, hingga pada masyarakat era informasi
          yang  lebih  spesifik.  Kebaruan  tren  informasi  masyarakat   Prinsip ini juga mendorong timbulnya ‘marketisasi
          informasi menempatkan mereka (para pemikir era informasi)   informasi’, bahwa selama seseorang memiliki sumber
          dalam sejarah dan tekanan perkembangan kapital). Dalam   daya dan akses informasi yang bernilai, maka ia dianggap
          hal ini, sejarah memang penting, namun kapitalisme   paling  unggul,  ialah  yang  menang.  Kapitalisme  informasi
          informasi yang terjadi dalam tatanan ‘masyarakat informasi’   pada tatanan ‘masyarakat informasi’ saat ini didominasi
          saat ini secara signifikan berbeda dari kapitalisme korporat   oleh perusahaan besar dengan anggaran penelitian dan
          yang didirikan pada dekade awal abad kedua puluh.   pengembangan yang menakjubkan, pengaruh internasional
                                                             dan kampanye pemasaran di seluruh dunia yang terarah
          Saat ini, tatanan sistem ‘masyarakat informasi’ telah beralih   pada praktik-praktik pemasaran produk dunia, pembagian
          pada peradaban bisnis dengan beberapa prinsip: (1)   kerja internasional,  dan penciptaan merek global.
          Kemampuan membayar akan menjadi kriteria utama yang
          menentukan  penyediaan  barang  dan  jasa;  (2)  Ketentuan   F.R Leavis (1895-1978) memandang bahwa kehidupan
          sistem  perekonomian  akan  dibuat  berdasarkan  pasokan   kebudayaan ditentukan oleh  minority culture; sejumlah
          pribadi dan bukan publik; (3) Berlaku kriteria pasar;   kecil orang yang secara kultural memang superior,




          6  ITENAS MAGAZINE • AGUSTUS 2019
   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11