Page 47 - Kebijakan Perpustakaan
P. 47
dan hal itu diantaranya dapat ditemukan di perpustakaan. Pendekatan
tersebut dapat dilakukan melalui sosialisasi yang dapat dilakukan
perpustakaan dengan Lembaga –lembaga masyarakat maupun sekolah.
Selain sosialisasi juga diadakan promosi perpustakaan Promosi
perpustakaan perlu dilakukan supaya seluruh aktivitas yang berhubungan
dengan jasa perpustakaan dapat diketahui dan dipahami oleh pengguna.
Promosi merupakan salah satu komponen pemasaran, dengan
mempromosikan kelembagaan, koleksi, sistem dan jenis pelayanan, maka
terjadilah proses pendekatan informasi kepada pengguna. Pengguna
menjadi tahu koleksi apa yang ada, pelayanan apa saja yang tersedia,
sedangkan yang belum tahu atau tahu tapi belum pernah memanfaatkan
jasa layanan akan mengenal kemudian tertarik untuk datang atau
memanfaatkan, sehingga pengunjung bertambah, pemakaian bahan
pustaka ataupun jasa layanan perpustakaan semakin tinggi. Seperti inilah
harapan yang diinginkan.
Promosi tersebut dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan dimana
kegiatan tersebut melibatkan seluruh staaf perpustakan, anggota
perpustakaan dan masyarakat umum. Kegiatan promosi tersebut dapat
berupa kegiatan formal maupun non formal, pengadaaanya bisa di lakukan
di lingkup perpustakaan maupun di lingkungan luar pepustakaaan.
Sebaiknya perpustakaan mempunyai kebijakan tertulis menyangkut
promosi ini dan merinci berbagai sasaran serta strategi yang akan
digunakan. Tentu saja, kebijakan ini harus dikerjakan bersama-sama
dengan manajemen perusahaan. Dokumen kebijakan ini hendaknya
memuat unsur berikut:
Perpustakaan sebagai lembaga nirlaba (non-profit) tidaklah salah jika
melakukan inovasi layanannya untuk meningkatkan kepuasan pengguna.
Beberapa ide inovasi layanan yang dapat dilakukan perpustakaan adalah
mempromosikan produk dan jasa perpustakaan serta melakukan kemas
ulang informasi dalam berbagai bentuk paket informasi/pengetahuan.
Kegiatan promosi dilakukan dalam rangka memperkenalkan produk dan
jasa informasi perpustakaan kepada pengguna dan masyarakat yang lebih
luas.
Tujuan dari promosi perpustakaan untuk:
1) memperkenalkan fungsi perpustakaan kepada pemakai;
2) mendorong minat baca masyarakat untuk menggunakan koleksi
perpustakaan semaksimal mungkin;
3