Page 47 - Kebijakan Perpustakaan
P. 47

dan  hal  itu  diantaranya  dapat  ditemukan  di  perpustakaan.  Pendekatan
                 tersebut  dapat  dilakukan  melalui  sosialisasi  yang  dapat  dilakukan
                 perpustakaan  dengan  Lembaga  –lembaga  masyarakat  maupun  sekolah.
                 Selain  sosialisasi  juga  diadakan  promosi  perpustakaan  Promosi
                 perpustakaan perlu dilakukan supaya seluruh aktivitas yang berhubungan
                 dengan jasa perpustakaan dapat diketahui dan dipahami oleh pengguna.
                 Promosi   merupakan     salah   satu   komponen     pemasaran,    dengan
                 mempromosikan kelembagaan, koleksi, sistem dan jenis pelayanan, maka
                 terjadilah  proses  pendekatan  informasi  kepada  pengguna.  Pengguna
                 menjadi  tahu  koleksi  apa  yang  ada,  pelayanan  apa  saja  yang  tersedia,
                 sedangkan yang belum tahu atau tahu tapi belum pernah memanfaatkan
                 jasa  layanan  akan  mengenal  kemudian  tertarik  untuk  datang  atau
                 memanfaatkan,  sehingga  pengunjung  bertambah,  pemakaian  bahan
                 pustaka ataupun jasa layanan perpustakaan semakin tinggi. Seperti inilah
                 harapan yang diinginkan.

                 Promosi  tersebut  dapat  dilakukan  melalui  berbagai  kegiatan  dimana
                 kegiatan  tersebut  melibatkan  seluruh  staaf  perpustakan,  anggota
                 perpustakaan  dan  masyarakat  umum.  Kegiatan  promosi  tersebut  dapat
                 berupa kegiatan formal maupun non formal, pengadaaanya bisa di lakukan
                 di  lingkup  perpustakaan  maupun  di  lingkungan  luar  pepustakaaan.
                 Sebaiknya  perpustakaan  mempunyai  kebijakan  tertulis  menyangkut
                 promosi  ini  dan  merinci  berbagai  sasaran  serta  strategi  yang  akan
                 digunakan.  Tentu  saja,  kebijakan  ini  harus  dikerjakan  bersama-sama
                 dengan  manajemen  perusahaan.  Dokumen  kebijakan  ini  hendaknya
                 memuat unsur berikut:

                 Perpustakaan  sebagai  lembaga  nirlaba  (non-profit)  tidaklah  salah  jika
                 melakukan inovasi layanannya untuk meningkatkan kepuasan pengguna.
                 Beberapa ide inovasi layanan yang dapat dilakukan perpustakaan adalah
                 mempromosikan  produk  dan  jasa  perpustakaan  serta  melakukan  kemas
                 ulang  informasi  dalam  berbagai  bentuk  paket  informasi/pengetahuan.
                 Kegiatan  promosi  dilakukan  dalam  rangka  memperkenalkan  produk  dan
                 jasa informasi perpustakaan kepada pengguna dan masyarakat yang lebih
                 luas.

                 Tujuan dari promosi perpustakaan untuk:
                 1)  memperkenalkan fungsi perpustakaan kepada pemakai;
                 2)  mendorong  minat  baca  masyarakat  untuk  menggunakan  koleksi
                    perpustakaan semaksimal mungkin;


                                                     3
   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52