Page 43 - Kebijakan Perpustakaan
P. 43

No    Perilaku               Keterangan
                    6.    Bersikap  profesional   o  Siap    menyampaikan      informasi
                          & resourceful              dasar       mengenai       layanan
                                                     perpustakaan  (seperti  peraturan
                                                     perpustakaan,  keanggotaan,  letak
                                                     OPAC dll)
                                                  o  Responsif  membantu  pemustaka
                                                     yang memerlukan bantuan
                                                  o  Tidak  dengan  mudah  merujuk
                                                     pertanyaan  ke  pihak/unit  lain
                                                     dengan mudah
                                                  o  Hindari mengatakan “tidak tahu”
                                                  o  Bila ragu dengan jawaban, katakan
                                                     kepada pemustaka : “sebentar saya
                                                     carikan”
                    7.    Akhiri pertemuan        o  “Masih ada yang bisa saya bantu?”
                          dengan salam            o  Berjabat tangan (bila diperlukan)
                    8.    Ketepatan waktu        Sudah  siap  di  posisi/meja  pelayanan
                                                 pada  jadwal  layanan  yang  telah
                                                 ditentukan/ditetapkan
                    9.    Atribut dan Pakaian    Menggunakan  pakaian  sopan,  resmi
                          (khusus untuk          yang telah ditentukan
                          Frontliner)
                    10.   Hal yang tidak boleh  Menjawab           pertanyaan/melayani
                          dilakukan              pemustaka      sambil     mengerjakan
                                                 pekerjaan  lain  (ngobrol,  makan  dan
                                                 sebagainya)

               4.  Prosedur Layanan Perpustakaan dan Informasi
                  Prosedur layanan perpustakaan dan informasi yang diselenggarkan oleh
                  para pustakawan dan tenaga teknis di  Pusat Jasa Perpustakaan dan
                  Informasi, Perpustakaan Univeristas Ubudiyah Indonesia berbasis pada
                  Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dikembangkan oleh masing-
                  masing bidang,
                  Prosedur  layanan  yang  tercakup  dalam  buku  pedoman  teknis  ini
                  mencakup 2 bidang layanan yang ada, yaitu:
                      a.  Layanan Koleksi Umum
                          Tujuan:  Menjamin  terselenggaranya  layanan  kunjungan
                          pemustaka dengan kualitas layanan terbaik



                                                   10
   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48