Page 38 - Kebijakan Perpustakaan
P. 38
4. Layanan Internet
Pemustaka diberikan fasilitas internet gratis untuk memenuhi
kebutuhan informasi pendukung akademik. Pemanfaatan internet di
perpustakaan Institut Teknologi Nasional bisa mengunakan personal
computer yang tersedia atau menggunakan fasilitas hotspot (WiFi)
5. Layanan Pendidikan Pemakai
Tidak semua pemakai perpustakaan dapat atau mampu menggunakan
perpustakaan dengan baik dan benar. Banyak pemakai perpustakaan
tidak mengetahui fungsi katalog, cara penyusunan buku di rak,
penggunaan bahan-bahan referensi, penggunaan fasilitas baca yang
lainnya dan serat tata tertib perpustakaan. Melalui layanan pendidikan
pemakai, pemustaka akan dibimbing oleh pustakawan untuk bisa
mengetahu dengan cepat cara menelusur koleksi.
6. Layanan Penyebarluasan Informasi/ Literasi Informasi
Layanan ini merupakan kegiatan layanan pemustaka dengan cara
memberitahukan kepada khalayak perihal fasilitas atau berbagai
macam informasi yang dimiliki perpustakaan. Dimaksudkan agar
informasi atau fasilitas yang ada di perpustakaan dapat diketahui oleh
pengguna dan dimanfaatkan secara optimal.
Adapun media yang dapat dijadikan alat penyebarluasan informasi,
anatar lain:
a. Daftar tambahan buku
b. Bibliografi
c. Indeks dan abstrak
d. Brosur
e. Email
f. Website
7. Layanan Penelusuran Informasi Eksternal
Layanan penelusuran informasi yang tersedia, yaitu penelusuran
menggunakan OPAC, e-jurnal dan e-book perpustakaan/lembaga lain.
8. Layanan Kerja Sama Perpustakaan
Layanan kerjasama perpustakaan merupakan layanan yang saling
mengisi kekurangan anatar perpustakaan yang satu dengan yang lain.
Perpustakaan Institut Teknologi Nasional menjalin kerjasama dengan
Perpustakaan perguruan tinggi lainnya. Salah satu layanan yang
diperuntungkan dalam layanan sirkulasi, yaitu sivitas akademika
5