Page 35 - Kebijakan Perpustakaan
P. 35

KEBIJAKAN PELAYANAN SIRKULASI
                                        PERPUSTAKAAN


               Pelayanan  perpustakaan  merupakan  kegiatan  perpustakaan  yang
               memberikan  jasa  informasi  kepada  masyarakat  yang  memerlukan,  baik
               pelayanan teknis maupun pelayanan pemustaka. Apabila dilihat dari dasar
               pelayanan, maka perpustakaan merupakan pelayanan yang berbasis pada
               benda  yang  berwujud/tangible  goods.  Apabila  ditinjau  dari  tujuan/goal,
               maka  layanan  perpustakaan  tidak  berorientasi  untuk  memaksimalkan
               keuntungan.

               Pelayanan  perpustakaan  yang  baik  adalah  layanan  yang  sesuai  standar,
               sesuai yang dijanjikan, sesuai yang diharapkan, atau sesuai permintaan.
               Sedangkan  untuk  mendapakan  kualitas  pelayanan  perpustakan,  maka
               perlu adanya sikap dan pandangan sebagai berikut: 1) pemustaka merasa
               puas  setelah  meninggalkan  meja  layanan;  2)  memberikan  pelayanan
               dengan  tepat,  ramah,  cepat,  penuh  kemitraan;  3)  petugas  harus  bisa
               memberikan solusi atas informasi yang diminta pemustaka; 4) berperilaku
               professional

               A. Tujuan Kebijakan Layanan Sirkulasi
               Kebijakan  pelayanan  perpustakaan  merupakan  serangkaian  keputusan
               atau  ketentuan  teknis yang ditetapkan  untuk  pemberian  pelayanan  oleh
               UPT  Perpustakaan  Institut  Teknologi  Nasional  kepada  pemustaka.
               Kebijakan  tersebut  dilaksanakan  oleh  Pustakawan  dan  Petugas
               Perpustakaan. Layanan sirkulasi merupakan bagian penting dalam suatu
               perpustakaan karena berhubungan dengan peredaran koleksi. Pelayanan
               sirkulasi  memerlukan  sistem  yang  efisien  dan  mudah  dijalankan  yang
               bertujuan agar pemustaka dapat bertransaksi dengan cepat dan maksimal
               dalam layanan. Tujuan dari pelayanan sirkulasi perpustakaan antara lain:
                  1.  Agar para pemustaka mampu memanfaatkan  koleksi perpustakaan
                     secara optimal
                  2.  Agar  mudah  diketahui  identitas  peminjaman,  buku  yang  dipinjam
                     dan waktu pengembalian
                  3.  Untuk  menjamin  pengembalian  pinjaman  dalam  waktu  yang
                     ditentukan
                  4.  Untuk  memperoleh  data  kegiatan  pemanfaatan  koleksi  suatu
                     perpustakaan


                                                   2
   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40