Page 37 - Kebijakan Perpustakaan
P. 37
C. Sistem Pelayanan Perpustakaan
Sistem pelayanan perpustakaan Institut Teknologi Nasional adalah system
layanan terbuka. Dengan layanan terbuka ini pemustaka dapat mengambil
sendiri koleksi bahan pustaka yang diinginkan di rak koleksi buku teks,
umum, terbitan berkala dan penelususran informasi berbasis online.
D. Jenis Pelayanan Perpustakaan
Pelayanan merupakan unsur utama dalam pencapaian suatu keberhasilan
organisasi perpustakaan disebabkan bagian inilah yang berhubungan
langsung dengan pengguna dalam penyebaran informasi serta pemanfaatan
jasa dan fasilitas yang ada di perpustakaan. Adapun layanan yang ada di
perpustakaan Institut Teknologi Nasional, yaitu seagai berikut:
1. Layanan Siskulasi
Layanan sirkulasi merupakan ujung tombak jasa perpustakaan karena
bagian sirkulasi berhubungan dengan masalah administrasi
peminjaman dan pengembalian koleksi bahan pustaka. Bagian
sirkualasi berkaitan dengan masalah peredaran koleksi yang dimiliki
perpustakaan. Tujuan layanan sirkulasi ini adalah memperlancar dan
mempermudah proses peminjaman bahan pustaka untuk dibawa
pulang oleh pemustaka.
2. Layanan Referensi/rujukan
Suatu kegiatan pelayanan untuk membantu para pemakai pengunjung
perpustakaan menemukan informasi dengan cara:
a. menerima pertanyaan-pertanyaan dari pemakai/pengunjung
perpustakaan dan kemudian menjawab dengan menggunakan
koleksi referensi
b. memberikan bimbingan untuk menemukan koleksi referensi dan
mencari informasi yang dibutuhkan
c. memberikan bimbingan kepada para pemakai tentang penggunaan
bahan pustaka koleksi referensi.
3. Layanan OPAC (Online Public Access Catalog)
Pemustaka dapat menelusur sendiri informasi koleksi bahan pustaka
yang dimiliki perpustakaan dengan menggunakan komputer yang
disediakan perpustakaan atau menelusur melalui katalog online
perpustakaan. Dengan katalog online ini pemustaka selain dapat
mengetahui apakah sebuah buku ada atau tidak, juga dapat
mengetahui status buku tersebut, apakah sedang dipinjam atau tidak.
4