Page 42 - Kebijakan Perpustakaan
P. 42

2.  Indikator Keberhasilan Layanan Perpustakaan dan Informasi
                        a.  Kemudahan calon pemustaka menjadi anggota perpustakaan
                        b.  Kemudahan akses ke koleksi melalui sarana akses yang tersedia
                        c.  Ketersediaan  koleksi  perpustakaan  memenui  kebutuhan
                           pemustaka yang menjadi target layanan
                        d.  Tingkat penggunaan koleksi perpustakaan
                        e.  Rentang waktu temu kembali koleksi perpustakaan dari Koleksi
                           Tertutup
                        f.  Rentang waktu temu kembali koleksi perpustakaan dari Koleksi
                           Terbuka
                        g.  Jumlah penggunaan koleksi perpustakaan

                 3.  Standar Perilaku pelayanan
                    Standar  Perilaku  Bagi  Karyawan  Perpustakaan  Institut  Teknologi
                    Nasional Yang Bertugas Melayani dan Menyambut Pemustaka.
                    Etiket  di  tempat  kerja  meliputi  beragam  hal  termasuk  sikap  dan
                    perilaku  dan  aspek  komunikasi  baik  verbal  maupun  non-verbal
                    (gesture).  Perilaku  dalam  menyambut  dan  melayani  pemustaka
                    (greetings),  merupakan  hal  yang  penting  dalam  memberi  layanan
                    kepada  pemustaka  dan  memberi  dampak  kepada  tingkat  kepuasan
                    pemustaka.  Berikut  ini  standar  perilaku  dalam  menyambut  dan
                    melayani pemustaka di Perpustakaan Institut Teknologi Nasional:

                      No    Perilaku               Keterangan
                      1.    Senyum                 Tersenyum  memberikan  impresi  yang
                                                   baik  bagi  pelayanan.  Pemustaka  akan
                                                   lebih senang bertemu dengan seseorang
                                                   yang terlihat gembira
                      2.    Salam                  Memberi salam kepada pemustaka yang
                                                   datang,   misalnya    “Selamat   Pagi”,
                                                   “Selamat  Siang”,  “Selamat  sore”  yang
                                                   sesuai dengan kondisi
                      3.    Meperkenalkan Diri     Perkenalkan diri Anda lebih dahulu
                      4.    Menanyakan             “Ada yang bisa saya bantu”?
                            maksud atau tujuan
                            kedatangan
                      5.    Sikap Tubuh            Bersikap     santun     dan      segera
                            (gesture)              menghampiri  pemustaka  yang  terlihat
                                                   memerlukan bantuan



                                                     9
   37   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47