Page 46 - Kebijakan Perpustakaan
P. 46

KEBIJAKAN PROMOSI PERPUSTAKAAN

               Perpustakaan  sebagai  mana  yang  ada  dan  berkembang  sekarang  telah
               dipergunakan  sebagai  salah  satu  pusat  informasi,  sumber  ilmu
               pengetahuan,  penelitian,rekreasi,pelestarian  khasanah  budaya  bangsa
               serta memberikan berbagai jasa lainnya. Hal tersebut telah ada sejak zaman
               dahulu  dan  terus  berproses  secara  alamiah  menunjuk  kepada  suatu
               kondisi dan tingkat perbaikan yang signifikan meskipun belum memuaskan
               semua  pihak.  Pada  prinnsipnya  perpustakaan  mempunyai  tiga  kegiatan
               pokok yaitu,pertama mengumpulkan semua informasi yang sesuai dengan
               bidang kegiatan dan misi organisasi serta masyarakat yang dilayani. Kedua
               melestarikan,memelihara dan merawat seluruh koleksi perpustakaan agar
               tetap  dalam  keadaan  baik,tetap  utuh,layak  pakai  dan  tidak  lekas  rusak
               baik karena pemakaian maupun karena usianya. Ketiga menyediakan dan
               menyajikan informasi untuk siap dipergunakan dan diberdayakan seluruh
               koleksi yang dihimpun di perpustakaan untuk dipergunakan pemakainya.

               Bagi  sebagian  masyarakat  perpustakaan  merupakan  bagian  dari
               kebutuhan  yang  harus  dipenuhi  untuk  menujang  aktifitasnnya.Tanpa
               ketersediaan  dan  kemudahan  akses  informasi  yang  dibutuhkan,
               masyarakat  tentunya  akan  mengalami  kesulitan.  Namun  bagi  sebagian
               masyarakat  lain  adalah  hal  sebaliknya.  Hal  tersebut  tidak  hanya
               disebabkan  karena  minat  baca  mereka  yang  masih  rendah  tetapi  masih
               banyak  faktor  yang  mempengaruhinya..  Faktor  tersebut  salah  satunya
               disebabkan  karena  keterbatasan  akses  informasi  maupun  komunikasi
               terutama untuk desa-desa yang masih terbatas sarana dan prasarananya.
               Ketidaktahuan  masyarakat  di  mana  letak  perpustakaan  ,  apa  kegunaan
               perpustakaan,siapa  saja  yang  boleh  menjadi  anggota  perpustakaan,apa
               saja  persyaratan  menjadi  anggota  ,bahan  pustaka  apa  saja  yang  ada
               diperpustakaan, apakah untuk menjadi anggota membayar atau tidak atau
               bisa juga disebakan dari dalam perpustakaan itu sendiri petugas layanan
               yang kurang ramah sehinga masyarakat enggan datang ke perpustakaan,
               sarana dan prasarana yang kurang memadai, koleksi yang tidak lengkap.
               Untuk  itu  diperlukan  peningkatan  pelayanan  perpustakaan  baik  itu
               dimulai  dari  sarana  prasarana,koleksi,fasilitas  dan  pustakawannnya.
               Selain  itu  juga  diperlukan  pendekatan  sosial  kepada  masyarakat  yakni
               upaya  perpustakaan  agar  masyarakat  memahami  dan  mengerti  tentang
               perlu  dan  pentingnya  menambah  wawasan  yang  dibutuhkan  sehari-hari


                                                   2
   41   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51