Page 28 - SOP Pelayanan Perpustakaan
P. 28
1. TUJUAN
Tujuan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai acuan dalam proses layanan koleksi
referensi perpustakaan oleh pemustaka di lingkungan Institut Teknologi Nasional,
sehingga pelaksanaan kegiatan layanan koleksi referensi dapat berjalan secara efektif dan
efisien.
2. STANDAR LAYANAN KOLEKSI REFERENSI
Pernyataan standar untuk layanan koleksi referensi perpustakaan adalah:
1. Pelayanan referensi merupakan pemberian bantuan pada pemustaka untuk
mendapatkan informasi dengan cara menjawab pertanyaan, memberikan bimbingan,
menemukan dan menggunakan koleksi referensi.
2. Petugas adalah pustakawan yang bertugas untuk membantu mahasiswa dalam
menelusur koleksi perpustakaan;
3. Petugas layanan koleksi referensi memastikan bahwa layanan koleksi referensi dapat
dilaksanakan paling lama 15 menit.
3. PROSEDUR LAYANAN KOLEKSI REFERENSI
Uraian standar untuk layanan koleksi referensi perpustakaan adalah:
1. Pemustaka menanyakan keberadaan koleksi referensi kepada petugas atau
pemustaka dapat langsung menelusur koleksi referensi melalui katalog.
2. Petugas memberikan informasi tentang ketersediaan koleksi referensi.
3. Pemustaka menelusur ke rak buku berdasarkan informasi yang diperoleh dari
petugas maupun dari katalog.
4. Pemustaka memperoleh koleksi yang dibutuhkan dan membaca di meja baca;
5. Petugas membuat laporan data harian pengunjung layanan referensi.
4. BAGAN ALIR
Bagan alir untuk layanan koleksi referensi perpustakaan adalah:
2

