Page 6 - IMagz Ed. 03
P. 6
CAKRAWALA
Internal Branding with
External Branding Splash-Effect
untuk Kampus Institut Teknologi Nasional Bandung
Dalam rangka meningkatkan citra Itenas dalam Besarnya word-of-mouth adalah salah satu bentuk
waktu dekat, Institut Teknologi Nasional menjalankan Brand Loyalty terhadap Itenas, tapi sayangnya masa-
sebuah konsep Internal Branding yang dampaknya masa ini akan segera berakhir. Pemberi rekomendasi
akan menjadi Eksternal Branding. Internal Branding akan segera berganti sosoknya, informasi baru
adalah upaya mengajak setiap sivitas akademi pun akan semakin cepat datang. Itenas harus lebih
Itenas untuk berbicara dan berbagi tentang peran terbuka dan membuat masyarakat lebih merasakan
dan prestasi mereka dalam kampus Itenas. Untuk peran Itenas dalam lingkungannya. Kemampuan
mencapai hal itu, sepanjang tahun 2018 kemarin tim Itenas menjalin hubungan baik dengan masyarakat
branding Itenas yang dibentuk oleh Dr. Dewi Kania khususnya di Kota Bandung adalah hal-hal yang harus
Sari selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan & dilakukan Itenas di tahun-tahun mendatang untuk
Kerja sama bersama Wiwi Isnaini, M.Ds. dari jurusan memperpanjang dan menghidupkan terus word-of-
Desain Komunikasi Visual sudah mulai menyusun mouth yang selama ini sudah terbangun.
rencana dan solusi demi meningkatkan branding
Itenas. Awal menuju tengah tahun 2018 adalah Setelah pemaparan hasil riset Brand Measurement,
proses Brand Measurement atau pengukuran brand menuju akhir tahun 2018 tim branding Itenas
kampus Itenas yang selama ini sedang terjadi di melanjutkan proses pengerjaan dengan tahap
masyarakat. Hasil dari proses riset ini adalah fakta Brand Transform atau penyusunan strategi. Apa
bahwa Itenas memang telah diakui sebagai institut yang dihasilkan dari kegiatan Brand Transform ini
yang menjadi wadah bagi insan berbakat, cerdas adalah berupa tools, alat yang dapat digunakan
dan kreatif untuk membuka dan mengasah segala untuk membangun brand Itenas. Brand tidak akan
potensi yang dimiliki. Seiring perjalanan berdirinya, tercipta hanya bila sampai di tahap ini, dibutuhkan
sadar atau tidak sebetulnya Itenas telah melakukan partisipasi dari semua lapisan untuk meningkatkan
proses penciptaan karakter atau bisa disebut dengan reputasi Itenas yang selama ini sebagai institusi yang
proses terbentuknya branding secara organik/alami teruji menjadi sebuah institusi yang patut dipuji.
(tidak dirancang dengan tujuan dan strategi tertentu). Pada dasarnya, sebuah brand yang baik adalah
Karakter khas ini memiliki kekuatan penyebaran word- brand yang selalu berkomunikasi dengan masyarakat
of-mouth yang cukup besar, terbukti dengan cerita dengan selalu menghadirkan kebaruan, inovasi, dan
rekomendasi yang diterima mahasiswa sebelum perbedaan, sekecil apapun.
masuk. Menurut hasil survei, rekomendasi tersebut
berasal dari teman sekolah, mentor di tempat les, Strategi branding ini harus menjadi representasi
guru BK, orang tua, bahkan mahasiswa dari jurusan keseimbangan komponen antara Itenas dan seluruh
yang sama di perguruan tinggi lain. Namun, saat isinya. Adapun strategi branding ini dinamai sesuai
digali sejauh mana pengetahuan mereka tentang dengan cara dan tujuan yang diharapkan yaitu Splash
Itenas ketika masih sekolah menengah, hampir Impact - Internal Branding Strategy. Sebuah strategi
rata-rata menjawab “tidak tahu informasi apa-apa”; branding internal yang hasilnya akan menjadi cipratan-
sehingga, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan dari cipratan bagi terbentuknya branding eksternal di
mereka mau mendaftar ke Itenas karena percaya masa mendatang.
pada pemberi rekomendasi.
6 ITENAS MAGAZINE • APRIL 2019