Page 6 - IMagz Ed. 03
P. 6

CAKRAWALA


          Internal Branding with



          External Branding Splash-Effect



          untuk Kampus Institut Teknologi Nasional Bandung








          Dalam rangka meningkatkan citra Itenas dalam       Besarnya  word-of-mouth adalah salah satu bentuk
          waktu dekat, Institut Teknologi Nasional menjalankan   Brand Loyalty terhadap Itenas, tapi sayangnya masa-
          sebuah konsep  Internal Branding yang dampaknya    masa ini akan segera berakhir. Pemberi rekomendasi
          akan  menjadi  Eksternal  Branding.  Internal  Branding   akan segera berganti sosoknya, informasi baru
          adalah upaya mengajak setiap sivitas akademi       pun akan semakin cepat datang.  Itenas harus lebih
          Itenas untuk berbicara dan berbagi tentang peran   terbuka dan membuat masyarakat lebih merasakan
          dan prestasi mereka dalam kampus Itenas. Untuk     peran Itenas dalam lingkungannya. Kemampuan
          mencapai hal itu, sepanjang tahun 2018 kemarin tim   Itenas menjalin hubungan baik dengan masyarakat
          branding Itenas yang dibentuk oleh Dr. Dewi Kania   khususnya di Kota Bandung adalah hal-hal yang harus
          Sari selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan &      dilakukan Itenas di tahun-tahun mendatang untuk
          Kerja sama bersama Wiwi Isnaini, M.Ds. dari jurusan   memperpanjang dan menghidupkan terus  word-of-
          Desain Komunikasi Visual sudah mulai menyusun      mouth yang selama ini sudah terbangun.
          rencana dan solusi demi meningkatkan  branding
          Itenas.  Awal  menuju  tengah  tahun  2018  adalah   Setelah pemaparan hasil riset  Brand Measurement,
          proses  Brand Measurement atau pengukuran  brand   menuju akhir tahun 2018 tim  branding Itenas
          kampus Itenas yang selama ini sedang terjadi di    melanjutkan proses pengerjaan dengan tahap
          masyarakat. Hasil dari proses riset ini adalah  fakta   Brand Transform atau penyusunan strategi. Apa
          bahwa Itenas memang telah diakui sebagai institut   yang  dihasilkan dari  kegiatan  Brand  Transform ini
          yang menjadi wadah bagi insan berbakat, cerdas     adalah berupa  tools, alat yang dapat digunakan
          dan kreatif untuk membuka dan mengasah segala      untuk membangun  brand Itenas.  Brand tidak akan
          potensi yang dimiliki. Seiring perjalanan berdirinya,   tercipta hanya bila sampai  di tahap ini, dibutuhkan
          sadar atau tidak sebetulnya Itenas telah melakukan   partisipasi dari semua lapisan untuk meningkatkan
          proses penciptaan karakter atau bisa disebut dengan   reputasi Itenas yang selama ini sebagai institusi yang
          proses terbentuknya  branding secara organik/alami   teruji menjadi sebuah institusi yang patut dipuji.
          (tidak dirancang dengan tujuan dan strategi tertentu).   Pada dasarnya, sebuah  brand yang baik adalah
          Karakter khas ini memiliki kekuatan penyebaran word-  brand yang selalu berkomunikasi dengan masyarakat
          of-mouth yang cukup besar, terbukti dengan cerita   dengan selalu menghadirkan kebaruan, inovasi, dan
          rekomendasi yang diterima mahasiswa sebelum        perbedaan, sekecil apapun.
          masuk. Menurut hasil survei, rekomendasi tersebut
          berasal dari teman sekolah, mentor di tempat les,   Strategi  branding ini harus menjadi representasi
          guru BK, orang tua, bahkan mahasiswa dari jurusan   keseimbangan komponen antara Itenas dan seluruh
          yang sama di perguruan tinggi lain. Namun, saat    isinya.  Adapun  strategi  branding ini  dinamai  sesuai
          digali sejauh mana pengetahuan mereka tentang      dengan cara dan tujuan yang diharapkan yaitu Splash
          Itenas ketika masih sekolah menengah, hampir       Impact - Internal Branding Strategy. Sebuah strategi
          rata-rata menjawab “tidak tahu informasi apa-apa”;   branding internal yang hasilnya akan menjadi cipratan-
          sehingga, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan dari   cipratan bagi terbentuknya  branding eksternal di
          mereka  mau  mendaftar  ke  Itenas  karena  percaya   masa mendatang.
          pada pemberi rekomendasi.





          6  ITENAS MAGAZINE • APRIL 2019
   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11