Page 8 - IMagz Ed. 03
P. 8

Lavidge & Steiner
                                                                            Hierarchy of E ects
             Think                       Feel                 Do            (1961)
            (Cognitive)  Passive/Psychological  (A ective)  (Behavioural Tendencies)


            Attention    Interest    Desire    Memory       Action
                                                                            The Dentsu Way :
                                                                            From AIDMA model
             Think        Feel                     Do                       to AISAS model
                                          (Netizen Behavioural Tendencies)  (Source: Sugiyama &
                                                                            Andree, 2010:79).
            Attention    Interest       Search    Action    Share


                                                                            Dentsu Modern Communication Lab
              Feel        Think                    Do                       SIPS : Next-generation
                                                                            communication. Sympathizing
           Sympathy       Identify     Participate  Share & Spread          Consumer Behavior in the era when
                                                                            social media become mainstream.

          Tahapan efek komunikasi dari sebuah strategi komunikasi dan jenis-jenis aplikasi model komunikasinya. Masing-masing
          tahapan merupakan penambahan informasi dan perubahan rasa/perilaku pada khalayak sasaran yang muncul setelah
          strategi tersebut diluncurkan. Konsep Branding Itenas menggunakan pendekatan adaptasi dari strategi komunikasi dengan
          model SIPS,  yang ditujukan untuk membangun internal brand communication.

               Tahapan Model Komunikasi


               Efek komunikasi yang diharapkan           Target      Tujuan                Cara dan media
            1  Sympathize                                             Mencari
                                                                      persetujuan,
               Simpati dalam model SIPS adalah
               keikutsertaan merasakan perasaan dari orang
               atau hal lain. Dengan tingkat simpati yang             membangun
                                                                      perasaan dan
               tinggi, maka khalayak yang menjadi setia akan          kedekatan.            Poster &
               mudah merekomendasikan dan menyebarkan
               informasi tersebut.                                                          copywriting
               Identify                                                                     Copywriting
               Merupakan aksi mengatikan sesuatu bahwa itu   Internal  Mengakui             IT’S A GOOD
           2 lekat dengan dirinya sendiri, atau sesuai dengan   Itenas :  diri sebagai      START dalam
               nilai yang dianut oleh diri. Mengkon rmasi atau   Mahasiswa  bagian dari     media iklan,
               mengiyakan sesuatu hal akan lebih emosional   Dosen    kampus                poster, sosial
               dan subjektif daripada aksi membandingkan              Itenas                media, ucapan &
               fungsi dan harga yang lebih rasional objektif.   Karyawan
                                                                                            pengumuman,
           3   Participate                                            Mau berpartisipasi    serta materi
                                                                                            promosi lainnya.
               Tahapan behavioral dari SIPS tidak harus
                                                                      dalam kegiatan,
               merupakan aksi pembelian. Berkutat dengan situs
               yang berkaitan dengan brand atau akun-nya,             mengetahui dan
               terutama ketika kegiatan tersebut dibagikan dalam      menggunakan
               sosial media, akan menarik perhatian teman dari        fasilitas yang ada
               mereka yang melakukannya, Hal ini sudah bisa           di Itenas.
               dianggap ikut ‘berpartisipasi’.
           4   Spread & Share kepada : khalayak eksternal Itenas      Kemauan membagikan    Sebaran media
               (orangtua mahasiswa, masyarakat sekitar, rekanan)
                                                                      rasa bangga dan
                                                                                            sosial.
                                                                      keberadaannya di
                                                                      kampus Itenas melalui
                                                                      sosial media.

          Paparan strategi internal branding Itenas dengan tujuan komunikasi dan media-media yang digunakan. Untuk komunikasi dan
          branding secara eksternal, temuan riset serta hasil karya dari strategi branding ini akan diterapkan pada bagian komunikasi
          visual promosi dan pemasaran. Terlepas dari ada atau tidaknya internal branding yang bertujuan untuk merangkul bagian
          internal Itenas, komunikasi eksternal tidak akan pernah berhenti dan akan selalu sejalan dengan pesan utama dan nilai-nilai
          yang ingin disampaikan oleh kampus Itenas. Dengan adanya sebuah konsep branding, maka komunikasi pada khalayak
          eksternal pun akan lebih menajam dan tepat sasaran.


          8  ITENAS MAGAZINE • APRIL 2019
   3   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13